Nikmatnya Kuliner Lendot Makanan Khas Tanjung Balai Karimun


GOTVNEWS, Karimun - Selain terkenal dengan daya tarik destinasi wisata alam serta budayanya yang menakjubkan, Tanjung Balai Karimun juga memiliki beraneka ragam kuliner yang super lezat dan enak, salah satunya adalah Lendot, makanan unik terbuat dari olahan tepung sagu ini dicampur berbagai macam jenis seafood dan sayuran yang menggugah selera. Penasaran dengan bentuk serta cara pembuatannya? Berikut liputannya untuk anda.

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan unik yang satu ini, ya makanan pedas yang satu ini dikenal dengan sebutan Lendot atau sempolet bagi masyarakat di wilayah Provinsi Riau.

Lendot merupakan makanan khas melayu berkuah kental yang memiliki tekstur unik berlendir seperti lem, serta mempunyai cita rasa yang gurih dan agak sedikit pedas.

Bahan dasar utama dalam membuat makanan ini yaitu adalah tepung sagu yang dimasak bersama dengan campuran sayur kangkung dan daun pakis, serta diberi tambahan lain berupa siput, udang, cumi, dan jenis seafood lainnya, serta tambahan bumbu perencah.

Cara membuatnya pun juga sangat mudah, pertama didihkan air, kemudian campurkan bumbu yang telah dihaluskan, lalu diaduk hingga merata dan mendidih.

Setelah mendidih, masukan garam dan penyedap rasa secukupnya, lalu masukan tambahan seafood sesuai selera, kemudian masukan sayur kangkung dan daun pakis secukupnya lalu dimasak hingga matang.

Setelah itu, tambahkan campuran tepung sagu yang sudah dicairkan, lalu aduk hingga kuah mengental, setelah mengental maka lendot pun siap untuk disajikan.

Biasanya, makanan khas yang satu ini menjadi makanan camilan yang cocok dimakan saat siang hari maupun sore hari.

Selain itu, rasa lendot yang begitu gurih dan lezat ini, sangat nikmat disantap selagi panas ataupun hangat yang tentunya akan memanjakan lidah anda.(Frh)

Comments