Bintan Siaga Darurat Bencana Banjir Rob

Bintan Siaga Darurat Bencana Banjir Rob. f. BPBD Bintan.

GOTVNEWS, Bintan - BPBD Bintan menetapkan status siaga darurat bencana banjir rob. Status siaga darurat bencana ini ditetapkan berdasarkan has pemantuan kondisi cuaca oleh BMKG, Sabtu (28/1/2023).

Kepala BPBD Bintan Ramlah mengatakan, dari hasil prakiraan cuaca dari BMKG, kondisi cuaca ekstrem disertai gelombang tinggi masih berpotensi terjadi hingga bulan Februari 2023 mendatang.

“Dari hasil prakiraan BMKG, kondisi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi diprediksi akan terjadi sampai bulan Februari dan puncaknya diprediksi pada tanggal 29 Januari nanti,” ujarnya.

Ramlah menyampaikan masyarakat diimbau agar tetap waspada potensi banjir dan melakukan gotong royong dilingkungan tempat tinggalnya, karena dampak rob sendiri disebabkan oleh penyumbatan sampah yang terjadi di saluran air.

Sementara itu sebelumnya, sebanyak 1.593 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari 3.306 jiwa terdampak banjir rob, sejak Selasa (24/1/2023) hingga Kamis (26/1/2023) di Kabupaten Bintan.

Banjir rob ini disebabkan cuaca ekstrim angin kencang dan curah hujan dengan intensitas yang tinggi serta air laut pasang tinggi sehingga merendam rumah warga di beberapa wilayah.(Mhd)

Comments