Lahan Seluas 1 Hektar di Perumahan Cendrawasih Residence Terbakar

Lahan Seluas 1 Hektar di Perumahan Cendrawasih Residence Terbakar. f. Gotvnews/Zpl

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Lahan seluas satu hektar di kawasan Perumahan Cendrawasih Residence, Tanjungpinang terbakar. Api diduga berasal dari pembakaran sampah oleh pemilik lahan.

Kebakaran lahan seluas satu hektar di Jalan Cendrawasih tepatnya di kawasan Perumahan Cendrawasih Residence, Tanjungpinang terjadi pada Selasa (3/1/2023).

Banyaknya rerumputan kering ditambah dengan angin kencang membuat api dengan cepat meluas dan membakar lokasi lahan itu hingga mencapai satu hektar.

Petugas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang, Dery Ambary mengatakan, kebakaran diduga akibat dari ulah manusia, yang sengaja membakar sampah dengan maksud untuk membuka lahan.

"Diduga sengaja dibakar, karena mau buka lahan. Karena angin kencang, cuaca panas dan banyak ranting dan dedaunan kering sehingga api dengan cepat menjalar," kata Dery.

Dery menyebutkan, untuk melakukan pemadaman tersebut, Damkar Tanjungpinang menerjunkan tiga unit mobil pemadam, karena lokasi kebakaran lahan itu berada di dekat Perumahan warga.

"Kita turunkan 3 unit, karena dekat dengan perumahan, api berhasil kita padamkan sekitar 1 jam," jelas dia.

Usai api berhasil dipadamkan, petugas kembali melakukan pengecekan dan penyemprotan air di lokasi lahan terbakar agar api benar-benar padam.(Zpl)

Comments