Bersiap, PPDB di Tanjungpinang Dimulai Pekan Ini, Catat Tanggalnya

Sejumlah siswa melakukan proses belajar di sekolah. f. Gotvnews

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tanjungpinang untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai pada Jumat (27/5/2022) pekan ini.

Tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB tahun 2022 masih menggunakan sistem zonasi atau berdasarkan tempat tinggal siswa dengan sekolah. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati menjelaskan untuk tingkat SMP ada empat jalur penerimaan, yaitu jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur zonasi dan jalur afirmasi dan perpindahan orang tua sedangkan untuk SD tidak ada jalur prestasi. 

Jalur zonasi yang disediakan sebanyak 75 persen dari total kuota, 10 persen jalur prestasi, 5 persen perpindahan orang tua dan 10 persen jalur afirmasi. 

Sebagai pembuka, Jalur prestasi yang dibuka lebih awal, kata Endang calon murid bisa mempersiapkan nilai akademi yang bagus dari semester 1-5 saat duduk di bangku SD, kemudian untuk non akademik seperti sertifikat perlombaan tingkat kota atau provinsi ke tingkat nasional. Melalui jalur prestasi ini calon peserta didik dapat memilih sekolah manapun tanpa memikirkan zonasi. 

"Untuk jalur prestasi tanggal 27 ini sudah dimulai, kemudiaan diikuti jalur zonasi dan jalur lainnya, jaraknya tidak begitu lama," kata Endang.

Sementara itu, permasalahan daya tampung sekolah di Kecamatan Tanjungpinang Timur yang selalu menjadi kendala setiap PPDB setiap tahunnya, saat ini Disdik Tanjungpinang menyiasati agar siswa bisa ditampung disekolah yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah calon murid, jika suatu sekolah terutama SMP sudah penuh, maka akan dialihkan ke sekolah terdekat berikutnya, sebagai alternatif dari masalah kepadatan penduduk dan minimnya Unit sekolah baru (USB) di Tanjungpinang hingga kini.(Drl)

Comments