KBRI Hanoi Pulang Nelayan Indonesia yang Diselamatkan Nelayan Vietnam

KBRI Hanoi Pulang Nelayan Indonesia yang Diselamatkan Nelayan Vietnam. f. SAR Natuna.

GOTVNEWS, Natuna - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Hanoi Vietnam memulangkan Raden Bambang seorang nelayan asal Indonesia yang sempat dinyatakan hilang dan masuk dalam Daftar Pencarian Operasi dan Pertolongan oleh Kantor SAR Natuna, Jumat (20/1/2023).

“Saat ini sudah ditangani oleh KBRI di Hanoi Vietnam. Keluarga dan agen kapal masih menanti proses pemulangan Raden,” kata Kepala Kantor SAR Natuna, Mexianus Bekabel.

Mexi menjelaskan, KBRI Hanoi saat ini masih berkoordinasi bersama pihak otorita di Vietnam untuk proses pemulang Raden Bambang.

Dimana, Raden masuk ke Vietnam tanpa dokumen lengkap sehingga perlu melengkapi dokumen, agar prosedur pemulangan ke Indonesia berjalan lancar.

“Untuk proses pemulangan Raden, KBRI Hanoi memilik kewengan untuk melakukan pemulangan Raden ke Indonesia. Raden dipulangkan menggunakan pesawat dari Ho Chi Minh City ke Jakarta (transit KL) hari ini," sebut Mexi.

Ia menyebut, upaya penyelamatan terhadap Raden ini menunjukkan peningkatan kerjasama Kemaritiman di Bidang SAR antar kedua Negara yang saling berbatasan. Ini menjadi momentum positif bagi kedua Negara.

“Harapan saya, momentum ini dapat terus dibangun dan terus menunjukkan peningkatan kerjasama yang baik,” tukasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Raden Bambang seorang ABK KM Bahagia dilaporkan hilang saat melaut di Perairan Natuna sejak Sabtu (7/1/2023) lalu.

Raden ditemukan oleh nelayan Vietnam mengapung diatas kayu selama tiga hari.

Kemudian, Raden dievakuasi dan dilaporkan oleh nelayan Vietnam ke Border Guard Vietnam (BVG) untuk diserahkan ke KBRI Indonesia di Hanoi Vietnam.(Zpl)

Comments