Kelompok Wanita Tani Desa Lancang Kuning Diajarkan Pengolahan Sorgum


GOTVNEWS,Bintan - Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, diajarkan membuat produk olahan dari bahan sorgum.

Kegiatan ini merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sociopreneur One Village One Ceo (OVOC) IPB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kegiatan ini berlangsung di aula Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara. Dalam kegiatan pengelolaan, pengenalan sorgum serta produk olahannya ini, mereka mempraktikkan bagaimana membuat popsorgum dan puding dari bahan dasar sorgum.

Tim Ahli Pengelolaan Produk Olahan Sorgum IPB, Ahmad Sulaiman menyampaikan, ibu-ibu tidak hanya diajarkan membuat produk olahan dari bahan sorgum.

Para ibu KWT juga dikenalkan karakteristik sorgum, yang bisa dijadikan bahan pangan, seperti popsorgum dan juga puding sorgum.

"Sorgum adalah bahan pangan yang tidak kalah dengan beras. Bahkan, sorgum juga bisa mengantikan gandum," katanya.

Ia mengharapkan dari kegiatan ini, ibu-ibu KWT kreatif dan berinovasi agar hasil panen petani sorgum lokal, bisa diolah menjadi produk unggulan yang dipasarkan secara luas.(Mhd)

Comments