PT Pelni Kerahkan 69 Kapal Penumpang Hadapi Mudik Natal dan Tahun Baru 2023


GOTVNEWS, Tanjungpinang - PT Pelni atau Pelayaran Nasional Indonesia mengerahkan sebanyak 69 armada kapal untuk melayani masyarakat selama periode libur Natal dan tahun baru 2023.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, Yahya Kuncoro mengungkapan sebanyak 69 armada kapal penumpang yang dikerahkan untuk melayani masyarakat telah dimulai sejak tanggal 11 Desember hingga 8 Januari 2023.

69 armada tersebut terdiri dari 26 kapal penumpang milik Pelni dan 43 kapal perintis milik kementrian perhubungan yang dikelola oleh Pelni.

Sedangkan untuk wilayah Kepri, terdapat 6 kapal Pelni yang didedikasikan melayani rute pelayaran antara pulau di Kepri.

Selain itu Yahya menyebut, sebelum tanggal 11 Desember 2022, semua kapal milk PT Pelni sudah menjalani docking. Hal tersebut dilakukan, untuk menjaga keamanan penumpang saat berlayar.

"Kesiapan dari armada kapal, keselamatan penumpang menjadi utama, alat alat produksi saat ini sudah dilakukan docking kapal, sebelum tanggal 11 Desember semua kapal Pelni sudah layak untuk melaut," ucapnya.

Pelni memprediksi dari tanggal 11 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 akan terjadi kelonjakan penumpang mencapai 99 persen atau sekitar 451 ribu penumpang. Jumlah ini diprediksi meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 250 ribu penumpang.

Untuk itu nantinya akan ada penambahan frekuensi pelayaran dibeberapa rute padat akan penumpang, seperti Batam menuju Belawan, Makassar menuju Bau Bau hingga Sorong menuju Ambon.(San)

Comments