Peringatan Hari Ibu, Sejarah dan Cara Merayakannya


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Hari ini bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu masyarakat di Indonesia merayakan secara nasional setiap tanggal 22 Desember 2022. Berikut ini penjelasan mengenai Peringatan Hari Ibu dan cara merayakannya.

Peringatan Hari Ibu selalu diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat di Indonesia.

Dimana peringatan Hari Ibu merupakan sebagai suatu bentuk penghargaan bagi seluruh ibu di dunia atas cinta dan kasih sayang yang telah diberikan terhadap anak-anaknya.

Awalnya, penetapan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2022 ini, ditetapkan pada Kongres Wanita ke-3 yang diadakan di Bandung pada tanggal 22 Desember 1938.

Tujuan penetapan ini adalah untuk menjaga semangat kebangkitan wanita Indonesia secara terorganisasi dan bergerak sejajar dengan kaum pria.

Selain itu, karena mengingat akan pentingnya Hari Ibu, maka Presiden Soekarno pun akhirnya menetapkan Hari Ibu sebagai Hari Nasional.

Hal ini tentu juga mengingatkan kita pada sejarah tentang sosok R.A. Kartini yang berjuang demi membela nasib kaum wanita yang terjajah.

Atas perjuangannya itu, R.A. Kartini selalu dikenang sebagai pahlawan berkat keberhasilannya memperjuangkan hak serta mengangkat derajat kaum wanita dari tempat gelap ke tempat yang lebih terang.

Begitu pula dengan sosok perjuangan seorang ibu yang mengandung, kemudian melahirkan dan membesarkan sang anak dengan penuh kasih sayang.

Untuk itu, ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengekspresikan tanda terima kasih serta ungkapan rasa cinta dan sayang kepada sang ibu, seperti memberinya hadiah, membuatkan kartu ucapan, menonton film favorit, memasak makanan enak, dan melakukan aktivitas bersama lainnya.

Meskipun sederhana, namun cara ini akan sangat berkesan bagi sang ibu. Dengan begitu, momen-momen perayaan hari ibu juga akan terasa semakin berkesan dan akan selalu diingat setiap saat.(Frh)

Comments