Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Festival Kepri Lantern 2022


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Geliat pariwisata di Kepri mulai tampak, kali ini dibuktikan dengan tumpah ruahnya masyarakat Kota Tanjungpinang dalam festival Kepri Lantern 2022 yang digelar Sabtu (9/10/2022) malam.

Inilah suasana kemeriahan Festival Kepri Lantern 2022 yang berlangsung di kawasan kota tua, Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang. tampak ribuan masyarakat, antusias memenuhi lokasi iven wisata ini.

Iven wisata ini diisi beragam hiburan yang menarik, mulai dari penampilan artis ibukota, Winda Fiska, hingga parade lampion beserta berbagai penampilan seni budaya dari beragam paguyuban yang ada di Kota Tanjungpinang dan Bintan.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad membuka secara resmi iven wisata ini ditandai dengan memukul gendang disertai ledakan petasan.Ansar berencana menjadikan iven ini menjadi agenda tahunan untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

"Ya ini kan kolaborasi, selain kita menjadikan ini sebagai salah satu instrumen pariwisata kita, juga ini salah satu wahana untuk mentransformasi budaya kita, sehingga kita liat tadi keberagaman di kepri ini meskipun majemuk, tapi kita bisa bersama dan bersatu. Saya kira ini prospek yang besar, kita juga akan tawarkan ke Bintan Resort," jelas Ansar.   

Sekitar 2000 peserta parade lampion berikut tamu undangan VIP berjalan dari Jalan Merdeka, hingga ke pelataran Gedung Daerah.

Sampai di Gedung Daerah, puncak acara dimulai, seluruh peserta parade berkesempatan unjuk gigi. Keragaman budaya bersatu dan menampilkan atraksi terbaiknya,

Iven ini yang juga dilaksanakan untuk menyambut ulang tahun Provinsi Kepri 20. Gubernur Ansar Ahmad berencana menjadikan iven ini sebagai iven wisata tahunan untuk menarik minat Wisatawan Manca Negara.

Sementara itu, Ketua Asparnas Kepri, Mulyadi Tan, berharap kedepannya iven ini bisa dilaksanakan dengan lebih baik lagi, serta memberikan efek positif bagi dunia wisata Kepri.

"Semoga iven ini bisa dikemas makin baik dan juga bisa mendatangkan turis domestik dan internasional ke Kota Tanjungpinang," ucapnya. 

Festival Kepri Lantern 2022, merupakan salah satu iven yang dilaksanaka sejalan dengan perayaan Festival Kepri Lantern 2022, yang berkaitan dengan masyarakat keturunan Tiong Hoa. Yang juga dikenal sebagai Festival Kue Bulan,  jatuh pada 15 hari kalender Tiong Hua, atau pada masa pertengahan musim gugur. Kini iven tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata di Kepri, yang memiliki kemajemukan masyarakat yang bertoleransi tinggi.(Drl)

Comments