Tugu Proklamasi Monumen Kemerdekaan Bersejarah


GOTNEWS, TANJUNGPINANG - Tugu Proklamasi yang terletak disamping pintu masuk pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang , merupakan monumen bersejarah di Provinsi Kepulauan Riau. Tugu Proklamasi ini adalah tempat pengibaran bendera merah putih dan pembacaan teks Proklamasi pertama kalinya di Tanjungpinang pada tanggal 29 Desember 1949 silam.

Sebuah kewajiban bagi warga negara Indonesia untuk memahami sejarah tentang simbol dari Negara Indonesia atau dikenal dengan sang saka merah putih yakni julukan kehormatan kepada bendera merah putih negeri Indonesia yang kemudian disebut bendera pusaka.

Nah di Tanjungpinang sendiri, disinilah tugu Proklamasi yang terletak di pusat Kota Tanjungpinang, tepatnya di depan Gedung Daerah Tanjungpinang dan pintu masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, di tempat inilan pertama kali dikibarkannya bendara merah putih dan pembacaan teks Proklamasi pertama kalinya,pada tanggal 29 Desember 1949 silam.

Tugu Proklamasi sebagai monumen bersejarah yang berada di Tanjungpinang, dan sejarah yang tersimpan oleh tugu ini masih berhubungan erat dengan Kepulauan Riau dan Indonesia pada masa itu.

Peneliti sejarah Kepulauan Riau , Anastasia Wiwik Swastiwi mengatakan,menurut sumber dari almarhum bapak Imam Sudrajat , tugu Proklamasi itu menandakan perjuangan Kepulauan Riau masuk dalam wilayah negara kesatuan republik Indonesia N-K-R-I.

Wiwik menceritakan,pada masa itu seorang tokoh almarhum Mochtar Husein yang memperjuangkan Kepulauan Riau masuk ke dalam N-K-R-I, saat itu almarhum Mochtar Husein menjabat sebagai ketua dewan Riau.

Almarhum Mochtar Husein bersama seorang tokoh Tengku Saleh dari Lingga melaporkan kepada Presiden Soekarno , bahwa masyarakat Kepulauan Riau ingin menjadi bagian dari Indonesia pada tahun 1949.(Drl)

Comments