Harga Jeruk Tinggi, Akibat Pasokan Tak Lancar


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Mewabahnya virus corona serta kebijakan PPKM di berbagai wilayah di indonesia bedampak pada pasokan buah yang masuk di Kota Tanjungpinang, hal tersebut mengakibatkan harga buah naik seperti buah jeruk,maskipun begitu minat masyarakat untuk mengkomsumsi buah di tengah pandemi meningkat.

Penjual pada gerai buah yang berada di Bintan Center, Habibi, mengatakan kenaikan harga buah terutama jenis jeruk kalimantan kerap terjadi, karena pasokannya berkurang , akibat penerapan PPKM , membuat trasnportasi pengiriman buah ke Kota Tanjungpinang menjadi tersendat.

Habibi merinci, harga jeruk jenis Kalimantan biasanya berkisar dari 24 ribu per Kilogram, namun karena pengiriman yang tersendat membuat harga jeruk menjadi lebih mahal,dikisaran harga saat ini sekitar Rp. 28.000,- /kg hingga Rp. 30.000,- /kg. namun untuk harga jeruk berastagi masih terbilang normal.

Meskipun mengalami kenaikan, Habibi menambahkan minat masyarakat Kota Tanjungpinang untuk mengkonsumsi buah mengalami peningkatan, terutama jenis buah dengan kasiat Vitamin C seperti,buah jeruk, pisang dan lain sebagainya.

Sementara itu salah satu warga bernama Iis mengatakan, dirinya banyak mengkonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk pisang mangga hingga alpukat hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh di tengah pandemi.

Lebih lanjut ia berharap agar wabah pandemi Covid 19 ini cepat berlalu, supaya masyarakat dapat beraktivitas seperti sediakala dimana sebelum pandemi Covid melanda.(San)

Comments