Wisata Bukit Manuk, Miliki Ratusan Koleksi Tumbuhan Tropis


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Salah satu tempat wisata di Tanjungpinang yakni Wisata Bukit Manuk yang terletak di Jalan Senggarang, Tanjung Sebauk, Kelurahan Kampung Bugis. Disini kita akan melihat kondisi terkini wisata tumbuh - tumbuhan yang dibangun sejak 2019 lalu tersebut, Sabtu (3/9/2022). 

Inilah kondisi terkini Bukit Manuk yang merupakan fasilitas wisata yang dibangun oleh Pemko Tanjungpinang beberapa aset mulai rusak dimakan waktu, seperti beberapa spot foto di kawasan tersebut.

Kendati demikian, saat ini jumlah tumbuhan yang ada di taman ini cukup terawat dan terus bertambah hingga ratusan batang pohon, baik dari jenis tanaman hias hingga tanaman buah - buahan seperti lengkeng, jambu bol, manga, alpukat, belimbing, durian dan banyak lagi jenis lainnya.

Penjaga Taman Bukit Manuk, Dedi menjelaskan hingga saat ini Bukit Manuk masih diminati oleh pengunjung yang biasanya ramai di hari libur datang untuk berwisata sambil belajar jenis-jenis tumbuhan.

"Kita kasih izin kalo pengunjung datang ingin memetik buah dan langsung dimakan, yang penting jangan merusak saja," ujarnya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kepri, Afitri Susanti mengungkapkan Saat ini Pemprov Kepri sedang mengembangkan produk ekowisata dengan harapan hasil pengembangan ini menjadi destinasi wisata kelas dunia. 

"Ekowisata merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran, dan pendidikan," jelas Fitri. 

Selama empat tahun berdiri, Taman Bukit Manuk masih harus terus ditingkatkan, baik dari jenis tanaman yang telah mencapai ratusan jenis saat ini hingga fasilitas pendukung untuk pengunjung yang dinilai masih kurang saat ini, seperti tempat istirahat dan akses spot foto yang masih minim.(Drl)

Comments