Korsleting Listrik, Rumah di Lorong Nias Terbakar

Korsleting Listrik, Rumah di Lorong Nias Terbakar. f. Gotvnews

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Diduga korsleting arus listik, satu unit rumah di permukiman padat penduduk di Lorong Nias, Kelurahan Tanjung Ayun Sakit, Tanjungpinang terbakar, Sabtu (14/5/2022).

Menurut pemilik rumah, Sri Satiarsih, sebelum plafon depan rumahnya mengeluarkan api, sempat terdengar suara ledakan yang cukup keras dari depan rumahnya. 

"Saya lagi di depan pagar rumah, tiba-tiba ada bunyi ledakan, kaget saya, cari sumber ledakan, namun saya kaget api keluar dari plafon depan rumah langsung saya teriak-teriak, karena saya teriak, masyarakat keluar semua langsung membantu membawa ember masing-masing dan menyiram langsung di tempat yang terbakar," katanya.

Sri menyebutkan, kejadian itu sekitar pukul 12.30 Wib, api berhasil dipadamkan karena warga sekitar turut bantu memadamkan api.

Kebakaran ini merupakan yang kedua kali nya terjadi di Lorong Nias, sebelumnya rumah yang berada tepat di samping rumah Sri pernah mengalami hal yang sama sempat terjadi ledakan di kabel yang saat ini membakar plafon depan rumahnya.

"Belum sampai setahun lah, rumah sebelah juga hampir terbakar, akibat diduga dari Konsleting listik, kemudian dilapor ke PLN dan di balut-balut dengan PLN, sekarang kejadian lagi dengan kabel yang sama," jelasnya.

"Aduh Deg-Degkan saya, api tak sampai merambat kemana-mana, masyarakat ramai bantu siram dengan ember air dari mana-mana, untung siang, kalau malam abis lah," tambahnya.

Sementara itu, Dery Ambary, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tanjungpinang mengatakan, saat petugas menerima laporan adanya satu unit rumah terbakar di Jalan Lorong Nias, petugas Damkar langsung turun kelokasi dengan menerjunkan dua unit mobil pemadam.

Namun, setibanya dilokasi, api sudah berhasil di padamkan atas kerja sama warga bahu membahu memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

"Saat kita tiba di lokasi api sudah padam, tapi kita belum berani melakukan penyemprotan di titik lokasi yang terbakar, karena kita menunggu petugas PLN datang untuk mencabut kabel yang konslet," kata Dery.

Menurut Dery, Api diduga berasal dari Konsleting kabel listrik utama dari tiang ke meteran rumah warga.

"Setelah diputuskan kabel utama tersebut, kami langsung melakukan penyiraman baik di depan plafon rumah yang terbakar serta dalam plafon untuk memastikan api benar-benar padam," ucap dia.

Dengan telah selesai nya penyiraman dan pendinginan, Petugas Damkar Suka Berenang, Kota Tanjungpinang kembali ke Pos Masing-masing.(Tim)

Comments