Anggota Komisi IV DPRD Kepri Minta PPDB 2021 Minim Masalah


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 secara online akan dibuka pada 28 Juni hingga 2 Juli 2021 bagi peserta didik di Kepri, kendati PPDB sudah dilaksanakan tiga tahun belakangan, namun masih saja ditemukan beberapa kendala di lapangan, saksikan liputannya khusus untuk anda.

Persoalan yang kerap terjadi mulai dari kapasitas ruang kelas belajar (RKB) yang tidak diimbangi dengan angka kelulusan siswa, masalah jaringan internet yang kurang memadai, pemahaman orangtua siswa menggunakan aplikasi pendaftaran secara online, hingga waktu pendaftaran yang dinilai terlalu singkat, yakni hanya diberikan waktu dua pekan.

Atas permasalahan ini, salah satu anggota DPRD Kepri Komisi IV, Wahyu Wahyudin meminta agar pihak terkait yakni Disdik Kepri bersama jajaran sekolah di Kepri dapat memperhatikan permasalahan yang timbul pada PPDB online tahun 2021 ini.

Hal yang menjadi prioritas menjadi sorotan dari Legislatif dari PKS ini, mengenai permasalahan ketersediaan RKB pada sekolah negeri di Kepri tahun ini, hanya tersedia bagi 23.863 murid, sedangkan jumlah lulusan siswa SMP dan MTS sederajat berjumlah 33.015 orang, artinya kuota RKB bagi sekolah negeri masih kurang dan sangat terbatas.

Maka dari itu, Wahyu meminta agar panitia PPDB bisa menjaga indepedensi dan menghindari praktik siswa "titipan".

Selain permasalahan RKB, masalah jaringan internet juga tidak kalah penting, karena diketahui jaringan server cenderung lemah saat digunakan serentak oleh pendaftar, maka pihak sekolah diminta menyiapkan fasilitas bagi pendaftar yang kesulitan mengakses aplikasi PPDB. Terutama bagi orangtua siswa yang belum memahami secara baik.

Wahyu menambahkan, pemerintah diminta untuk memberikan dispensasi bagi daerah Hinterland yang memiliki jaringan yang buruk, untuk dapat melaksanakan PPDB secara offline, ia juga meminta kepada panitia penerimaan di tiap sekolah agar waktu PPDB online bisa diperpanjang, sehingga dapat mengakomodir pendaftar yang tekendala masuk ke aplikasi tersebut.(Drl)

Comments