BMKG Imbau Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Anambas dan Natuna


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di Perairan Laut Natuna dan Anambas. Kondisi ini diperkirakan terjadi dalam 3 hari kedepan.

Berdasarkan pantauan BMKG pada tanggal 24 hingga 26 November 2022. Cuaca ekstrem dengan gelombang tinggi di kisaran 2,5 meter akan melanda di Perairan Kabupaten Anambas dan Natuna, sedangkan untuk wilayah Perairan Pulau Bintan, Batam hingga Karimun, dikisaran 0,5 sampai dengan 1,5 meter.

Tingginya gelombang laut ini akibat adanya pertumbuhan awan pekat hitam atau disebut Cumolonimbus yang sedang intensif terjadi Wilayah Kepri ditambah tiupan angin kencang rata rata mencapai 10 knot atau 18 kilometer perjam.

"Hal ini akibat pertumbuhan awan Cumolonimbus yang sedang intensif terjadi, sehingga awan ini dapat menyebabkan gelombang tinggi," ucapnya

BMKG menghimbau pengguna jasa transportasi laut maupun nelayan pesisir agar mewasapadai peningkatan gelombang air laut ini. Selain itu cuaca selama tiga hari kedepan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Anambas dan Natuna.(San)

Comments