Cuaca Buruk, Nelayan dan Jasa Transportasi Laut Diminta Waspada

Cuaca Buruk, Nelayan dan Jasa Transportasi Laut Diminta Waspada. f. Polres Bintan

GOTVNEWS, Bintan - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Bintan mengimbau kepada nelayan maupun pengguna transportasi laut untuk waspada cuaca buruk yang saat ini dan diprakirakan akan terjadi beberapa hari kedepan.

Kasatpolairud Polres Bintan Iptu Sarianto mengatakan, kondisi angin kencang yang tidak menentu, dan pasang air laut yang tinggi akan mempengaruhi jasa transportasi maupun aktivitas nelayan.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para nelayan maupun jasa pengguna transportasi, laut untuk meningkatkan kewaspadaan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami mengimbau kepada para nelayan maupun pengguna transportasi laut, baik itu penumpang ataupun barang tidak melebihi kapasitas," ujarnya Selasa (31/1/2023).

Selain itu dirinya menambahkan, penumpang harus dilengkapi dengan alat keselamatan, dan mengecek kelayakan kapal sebelum berlayar.

"Jangan sampai seperti yang pernah terjadi kapal tidak layak, kemudian mesinnya trouble ataupun rusak hingga terapung-apung sampai terbawa arus," tambahnya.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Instansi terkait baik KSOP, Syahbandar, hingga petugas kepelabuhanan, serta BPBD untuk tetap mengawasi arus lalu lintas di perairan Kabupaten Bintan.

"Jadi saya minta kepada pengguna jasa kelautan, kemaritiman untuk tetap terus mamantau informasi prakiraan cuaca dari BMKG," lanjutnya.

Satpoliarud Polres Bintan juga melakukan koordinasi dengan anggota polair terdekat, untuk terus mengupgrade informasi BMKG tersebut.

"Untuk saat ini kita tetap melakukan pengawasan serta untuk meningkatkan himbauan, karena dengan cuaca yang seperti saat ini juga sangat tidak memungkinkan untuk ke tengah laut karena tetap mengutamakan keselamatan," tutupnya.(Mhd)

Comments