Dorong UMKM Mandiri, Wali Kota Rahma Serahkan Ribuan Bibit dan Pakan Ikan


GOTVNEWS, Tanjungpinang – Pemerintah kota Tanjungpinang menyerahkan 5.000 bibit ikan lele kepada 10 kelompok masyarakat yang ada 4 kecamatan. Selain menyerahkan ribuan bibit lele, Pemerintah juga menyerahkan ratusan kilogram pakan dan peralatan budidaya.

Sebagai wujud meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya bagi mereka yang menggeluti usaha budidaya ikan air tawar skala rumah tangga.

Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Sabtu (22/10/2022) pagi menyerahkan paket bantuan sarana pembudidaya ikan air tawar kepada masyarkat.

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, berupa 5.000 bibit ikan lele, 530 kilogram pakan ikan, hingga 50 buah ember.

Paket bantuan ini diberikan kepada 150 warga yang tergabung menjadi 10 kelompok di 4 kecamatan yang ada kota Tanjungpinang. Dimana setiap orang mendapatkan 500 bibit ikan lele dan 53 kilogram pakan ikan.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, mengatakan, prasarana ini disalurkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam budidaya ikan air tawar dimulai dari skala rumah tangga.

Selain itu diharapkan bantuan bibit dan pakan ikan ini akan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha.

"Tujuan utamanya memberikan edukasi,kepada masyarakat yang tidak hanya orientasi sekala besar, namun dimulai sekala rumah tangga. Karena bila mana memahami dalam ternak lele tentu membuka peluang Untuk merangkak lebih besar lagi," terangnya.

Sementara itu, Iyan, warga Kampung Sumber Rejo, Kelurahan Batu Sembilan mengaku bersyukur atas bantuan bibit dan pakan yang diterima. Ia mengaku sangat terbantu untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar yang digelutinya.

"Alhamdulillah sangat terbantu , terimakasih buat pemerintah mempunyai niat baik agar masyarakatnya tumbuh berkembang secara mandiri walaupun dimulai skala rumah," ucapnya.

Program budidaya ikan lele ini akan menjadi program lanjutan. Pada bantuan berikutnya Pemerintah Kota Tanjungpinang akan memberikan peralatan budidaya ikan air tawar dengan sistem bioflok. (San)


Comments