Mengenal Gonggong, Hewan Endemik Khas Kepulauan Riau


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Menjadi daerah yang dikelilingi oleh sejumlah lautan, tentunya membuat Kepulauan Riau memiliki segudang hasil laut yang berlimpah. Selain kepiting dan ikan, Kepulauan Riau juga sangat identik dengan salah satu hasil lautnya yang paling ikonik yaitu gonggong.

Berikut kami akan mengajak anda untuk berwisata kuliner menikmati siput gonggong.

Gonggong merupakan biota endemik yang hidup di perairan laut Kepri. Secara fisik, Gonggong sekilas mirip dengan keong, dan ukurannya panjangnya bisa mencapai hingga  7 centimeter.

Dalam bahasa latin, Gonggong dikenal dengan sebutan Strombus Canurium (ganus) yang masih tergabung dalam famili atau rumpun molusca.

Ada empat jenis Gonggong yang terdapat di daerah Kepri, diantaranya Gonggong Ayam berukuran kecil dan berwarna hitam, Gonggong cangkang tipis berwarna putih, Gonggong bercangkang tebal berwarna putih, dan Gonggong merah bercangkang tebal.

Siput laut yang satu ini sangat mudah ditemukan di hampir di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau. Namun, umumnya banyak ditemukan di perairan Desa Lobam, Tanjung Uban, Tanjungpinang, Pulau Bintan dan Batam.

Saat air laut surut, warga pesisir pantai biasanya mencari gonggong hingga ke tengah laut dengan hanya berjalan kaki.

Saking populernya hewan yang satu ini, Gonggong bahkan dijadikan sebagai ikon kota Tanjungpinang yang merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Selain itu, penduduk setempat biasanya mengolah Gonggong menjadi beragam kuliner lezat yang banyak diminati oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Kuliner Gonggong ini banyak dijumpai di warung makan atau restoran yang menjual aneka seafood.

Gonggong biasanya diolah dengan cara yang sangat sederhana, yakni cukup dimasak dengan cara direbus dan disajikan bersama saus sambal pedas.

Yang unik dari cara memakan siput gonggong ini adalah cara makannya, yaitu dengan mencongkel isinya menggunakan tusuk gigi, setelah berhasil keluar, barulah dicocol dengan sambal yang pedas gurih.

Selain terkenal karna kelezatan rasanya, Gonggong juga diyakini memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Menurut sejumlah sumber, kandungan gizi yang terdapat didalam gonggong sangat tinggi, bahkan sebagian orang percaya bahwa gonggong mampu merasang pertumbuhan hormon, serta meningkatkan vitalitas.

Selain itu, Gonggong juga memiliki kandungan omega 3 serta protein yang tinggi. Dengan kandungan gizi yang dimiliki tersebut, maka tak heran jika Gonggong menjadi salah satu kuliner unggulan yang menjadi primadona di Kepri. (Frh)


Comments