Menikmati Kuliner Mi Tarempa yang Melegenda


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Bicara tentang dunia wisata di Provinsi Kepulauan Riau seolah tidak habisnya, mulai dari wisata alam hingga kekayaan kulinernya dan kali ini kita akan membahas salah satu wisata kuliner yang banyak diminati wisatawan, makanan khas dari Kabupaten Anambas, Mie Tarempa.

Sesuai dengan Namanya, Mie Tarempa merupakan makanan khas dari Kabupaten Anambas, tepatnya dari Tarempa.

Mie Tarempa merupakan sebuah kuliner yang menggambarkan keberagaman budaya, bentuk mie yang pipih mirip seperti Mie Aceh dan bumbu yang kental dipengaruhi oleh Boga Tiongkok, India dan Timur Tengah. Hal ini dilatar belakangi Anambas adalah pusat pelabuhan antar bangsa, sejak zaman kerajaan Melayu di masa silam.

Kepala Bidang  Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kepri, Afitri Susanti mengatakan makanan ini menyajikan mie kuning yang disajikan bersama kuah yang lezat berikut dibubuhi toping ikan tuna atau tongkol, ditambah lagi paduan sayur toge atau kecambah yang menambah gurih makanan favorit yang satu ini.

"Dari aroma, rasa pedas dan manis dan kelembutan tekstur mie membuat mie tarempa menjadi salah satu unggulan kuliner wisata di Kepri," ujarnya. 

Dia mengatakan tidak hanya di tempat asalnya, namun di Kota Tanjungpinang bahkan Kota Batam menjadikan Mie Tarempa sebagai menu andalan untuk memanjakan lidah.

"Bicara soal harga jangan khawatir, meskipun lezat dan menggugah selera, mie tarempa masih terjangkau. Jika anda berkunjung ke Kepri, tidak ada salahnya mencari menu kuliner yang satu ini dijamin tidak akan menyesal," ujarnya.(Drl)


Comments