Pemprov Kepri Minta Apotek Sediakan Genose


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendorong Apotek -Apotek di Kepri untuk menyediakan Genose, sebagai antisipasi lonjakan permintaan oleh calon penumpang di Bandara dan Pelabuhan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau TS Arif Fadillah mengatakan pihaknya sudah membahas perihal ini bersama beberapa perwakilan Apotek yang ada di Kepri, untuk menyediakan Genose, sehingga calon penumpang tidak harus melakukan pemeriksaan di Pelabuhan atau Bandara.

Selain itu, Genose yang saat ini merupakan cara yang paling terjangkau untuk memeriksa indikasi Covid 19, bagi para calon penumpang, hanya berkisar Rp.30.000 hingga Rp.40.000 per orang, jika dibandingkan Rapid tes antigen yang mencapai Rp.275.000 per orang, dan SWAB PCR yang dihargai sekitar Rp.900.000 per orang.

Arif menegaskan berdasarkan edaran Satuan Tugas Nasional sudah dijelaskan bahwa Genose juga sudah diakui sebagai salah satu syarat perjalanan, dengan terjangkaunya harga Genose tersebut maka pihaknya mendorong Apotek-Apotek di Kepri untuk menyediakan Genose, sebagai antisipasi lonjakan permintaan oleh calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan keluar daerah.

Selain itu Arif juga menambahkan bahwa RSUD Raja Ahmad Tabib sudah memesan Genose sejak dua bulan lalu, namun hingga saat ini alat pemeriksaan vaksin hasil karya anak bangsa tersebut, belum kunjung datan , dikarenakan kesediaannya yang masih terbatas.

Untuk penerapan Genose di Kepri saat ini masih dikonsentrasikan untuk perjalanan jauh seperti perjalanan tujuan Tarempa , Natuna, atau Dumai. Sedangkan untuk untuk ke Batam masih menggunakan alat pengukur suhu tubuh.(Drl)


Comments