Perekaman E KTP Pemilih Pemula di Bintan Terkendala Alat hingga Anggaran

Perekaman E KTP di SMA 1 Bintan beberapa waktu lalu. f. Gotvnews/Mhd

GOTVNEWS, Bintan - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan terus melakukan perekaman KTP Elektronik terhadap Pemilih Pemula guna kebutuhan Pemilu 2024.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Disdukcapil Bintan, Rusli. Menurutnya saat ini telah melakukan perekaman KTP terhadap setidaknya 500 sampai dengan 600 pemilih pemula dari target yang ada yakni sebanyak 6000 jiwa.

Meski dalam perjalanannya perekaman KTP elektronik yang dilakukan kerap mengalami kendala, terutama perekaman pemilih bagi warga pesisir maupun daerah Pulau.

“Mulai dari keterbatasan alat, keterbatasan anggaran, hingga kesulitan sinyal sebab perekaman E-KTP harus terhubung langsung dengan jaringan internet,” ujar Rusli, Kamis (17/11/2022).

Rusli menambahkan berkaitan dengan pemanfaatan E KTP untuk kebutuhan pemilu 2024 sendiri pihaknya masih menunggu koordinasi dari KPU maupun Bawaslu dalam memberikan waktu jatuh tempo.

“Hingga kini Disdukcapil Kabupaten Bintan masih fokus menyisir sejumlah Kecamatan di daerah daratan, seperti Bintan Utara, Sri Kuala Lobam, Toapaya, hingga Kecamatan Gunung Kijang,” tambahnya.

Dengan melakukan jemput bola ke sejumlah sekolah-sekolah yang ada. Siswa cukup membawa persyaratan Kartu Keluarga untuk melakukan perekaman biometrik, agar selanjutnya dapat di proses oleh Disdukcapil Kabupaten Bintan.(Mhd)

Comments