Stok Hewan Qurban Dipulau Bintan Mencukupi


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang memastikan stok hewan qurban menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha untuk wilayah Tanjungpinang dan Bintan tercukupi. Dengan jumlah total 2443 ekor hewan ternak sapi dan kambing.

Perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah yang jatuh pada 20 Juli mendatang, merupakan salah satu hari besar Umat Muslim di seluruh dunia, dalam perayaannya Hari Raya Idul Adha mewajibkan bagi kalangan yang berkemampuan ekonomi untuk dapat berkurban, seperti sapi maupun kambing, hal ini tentunya berdampak pada permintaan hewan ternak yang ikut meningkat nantinya.

Pihak BKP mencatat setidaknya ketersediaan hewan ternak sebanyak 2.443 hewan ternak yang terdiri dari 1077 sapi, serta kambing dan domba sebanyak 1.366, yang masuk ke Pulau Bintan sejak awal tahun 2021. Hewan ternak tersebut didatangkan dari wilayah Lampung dan Jambi.

Selain itu pihak Karantina juga menjamin kualitas hewan yang masuk tersebut sudah melalui proses pemeriksaan keaslian dokument serta kesehatan yang ketat, mengingat ancaman penyakit hewan seperti Virus Jembrana yang masih menjadi ancaman bagi hewan ternak, hal itu disampaikan Kepala BKP Kelas II Tanjungpinang Raden Nurcahyo.

Dihimbau kepada masyarakat di Tanjungpinang dan sekitarnya, pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha nantinya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan mengingat wabah Covid 19 masih dilevel meresahkan hingga hari ini.(San)

Comments