Polemik, Insentif Nakes Terbatas


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Angka peningkatan kasus Covid 19 di Kepri semakin meningkat dari hari ke hari , hal ini membuat tenaga kesehatan harus bekerja lebih ekstra dalam memerankan tugas nya , namun sayang sebagai garda terdepan dalam penangan Covid 19 di Kepri, sebagian besar Nakes belum mendapatkan perhatian oleh Pemerintah.

Angka penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Kepri yang mencapai ratusan orang perharinya, membuat Pemerintah harus mengerahkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) terutama Nakes dalam upaya penanganan Covid 19 yang kian melonjak.

Saat ini , tidak hanya penangan terhadap pasien yang terpapar saja , namun Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah sedang gencar mengejar target Vaksinasi yang juga memerlukan sentuhan dari para Nakes .

Terhadap permasalahan ini , salah satu mantan ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepri, Iskandarsyah mendorong Pemprov Kepri agar dapat memperhatikan kesejahteraan Nakes yang tengah berjuang menangani Covid 19 di Kepri.

Iskandar meminta agar pemerintah dapat memberikan insentif kepada para Nakes dari hulu hingga hilir, seperti Vaksinator hingga Nakes yang diperbantukan saat ini, sebab informasi yang ia dapati , saat ini Insentif hanya diperuntukkan bagi Nakes yang berada pada Ring 1 , sedangkan Nakes lainnya belum dapat terakomodir secara keseluruhan.

Iskandarsyah menyarankan dua solusi kepada pengambil kebijakan di negeri ini , yakni solusi jangka pendek berupa pemberian nutrisi dan vitamin bagi seluruh Nakes yang terlibat, serta solusi jangka panjang yakni Pemprov dapat menganggarkan Insentif seluruh Nakes pada APBD perubahan nantinya.

Politikus dari partai PKS tersebut berpendapat, setiap Nakes yang turut serta dalam penanganan Covid 19 di Kepri adalah garda terdepan dalam melawan Covid 19. Jika pegawai profesi lainnya bisa melakukan WFH dengan minim resiko, malah kebalikan dengan Nakes yang harus bekerja dengan segala resiko yang tinggi.

Sementara Itu, Pemerintah Provinsi Kepri saat dikonfirmasi belum berkenan memberikan keterangan ataupun tanggapan terkait hal ini, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina tampak terburu-buru saat ditemui Saat Paripurna RJMD Kepri, di kantor DPRD Kepri, Pulau Dompak .(Drl)

Comments