TNI Gelar Latihan Gabungan Bersama Tentara Australia di Lingga


GOTVNEWS, Dabo Singkep - TNI menggelar latihan gabungan bersama Tentara Australia di Pantai Todak, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Latihan ini merupakan rangkaian dari Indo Pacific Endeavor Tahun 2022 yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Australia.

Ratusan personel TNI serta Tentara Australia yakni Royal Navi Australia dan Royal Army Australia beraksi dalam latihan serbu amfibi. Selain itu juga, KRI banjarmasin 592, pesawat tempur F-16juga 500 personel TNI ikut dikerahkan dalam latihan gabungan ini.

Sementara itu, Australia mengerahkan kapal perang, helikopter serta LCC serta ratusan personel militernya.

Menurut Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, dalam laithan kedua negara ini, menskenariokan pendaratan amfibi serta penyerbuan oleh kedua pasukan di Pulau yang dikuasai musuh.

“Latihan ini intinya adalah melakukan pendaratan dan serbuan kapal yang berada di perairan menuju daratan,” kata Panglima TNI.

Chief of Joint Oprations Angkatan Bersenjata Australia, Letnan Jenderal Greg Bilton mengatakan, kerjasama dengan TNI ini adalah satu kehormatan. Kedua pasukan telah melakukan latihan tempur amfibi dan itu tentunya sangat bermanfaat untuk kedua pasukan.

“Ini sangat luar biasa karena kegiatan ini telah disetujui dan di sepakati Panglima TNI dan Panglima Bersenjata Australia,” kata dia.

Latihan ini merupakan program latihan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Royal Australia Navi bersama Angkatan Laut Negara mitra di kawasan Indo-Pasifik sejak tahun 2017, salah satunya TNI AL. (Zpl)


Comments