Yuk Intip Cara Membuat Luti Gendang Kuliner Khas Anambas


GOTVNEWS, Anambas - Bagi anda para pencinta kuliner di Kepri pastinya sudah familiar dengan luti gendang. Roti goreng berbentuk bulat lonjong dengan isian abon ikan gurih ini merupakan kuliner khas Anambas. Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut liputannya.

Luti gendang adalah salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan ketika anda berkunjung ke Kepulauan Riau khususnya Anambas.

Luti gendang ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, susu, telur, dan isian abon ikan atau daging ayam yang dicampur cabai dan bumbu lainnya, kemudian diimasak dengan cara digoreng.

Cara membuat kuliner khas Anambas ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu membuat isian dan membuat kulitnya.

Untuk membuat isiannya, pertama siapkan daging ikan tongkol, kemudian siapkan bumbu seperti cabai dan bawang yang sudah dihaluskan, lalu tumis bumbu hingga beraroma sedap.

Kemudian, campurkan tumisan bumbu dengan gula merah, air perasan asam, garam, dan daging ikan. Lalu, aduk merata dan masak dengan api sedang hingga matang dan kering. Setelah kering, angkat dan sisihkan.

Tahapan selanjutnya yaitu membuat kulit. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, susu cair, telur, gula pasir dan ragi instan ke dalam wadah adonan, kemudian aduk rata menggunakan mixer.

Lalu, tuang margarin yang sudah dilelehkan dan aduk kembali hingga adonan mengental dan kaku. Setelah itu, tuang adonan ke dalam wadah dan tutup bagian atasnya. Kemudian diamkan selama 40 menit hingga adonan mengembang.

Jika adonan yang sudah mengembang, uleni adonan kemudian pipihkan dengan ukuran sesuai selera, lalu tambahkan dengan isian abon ikan dan bentuk adonan menjadi bulatan kecil.

Setelah itu, panaskan minyak dan goreng luti gendang hingga matang dan berwarna kecoklatan, kemudian angkat lalu sajikan.

Bagi masyarakat Kepulauan Riau, tak lengkap rasanya jika ngopi atau ngeteh tanpa ngemil luti gendang. Oleh karena itu hampir di seluruh kedai kopi di Kepulauan Riau menyediakan menu luti gendang.

Selain itu, Luti gendang ini juga sering dijadikan sebagai menu oleh-oleh khas Anambas Kepulauan Riau.(Frh)

Comments