Akibat Cuaca Buruk, Dua Kapal Tunda Berangkat


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Akibat cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari belakangan, membuat pihak KSOP Tanjungpinang menunda , dua jadwal keberangkatan armada laut tujuan Batam dan Anambas, hal ini bertujuan sebagai antisipasi keselamatan penumpang semasa berlayar.

Cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang terjadi pada beberapa hari belakangan, untuk kawasan Tanjungpinang - Bintan dan sekitarnya, hal ini turut berdampak pada kondisi cuaca di sekitar perairan Tanjungpinang dan sekitar, sehingga KSOP Tanjungpinang melalui Seksi Keselamatan Berlayar harus ekstra melakukan pengawasan, khususnya bagi kapal yang hendak berangkat dari Kota Tanjungpinang.

Selama cuaca buruk melanda, sedikitnya terdapat dua armada kapal yang ditunda sementara keberangkatannya dari pelabuhan Sri Bintan Pura menuju daerah tujuan, antara lain, Speed Boat tujuan Punggur - Tembilahan yang terpaksa memundurkan jadwal keberangkatan selama 30 menit dan Kapal VOC Batavia Tujuan Anambas, yang menunda keberangkatan selama 15 menit.

Hal ini juga dibenarkan oleh Koordinator Lapangan Keselamatan Berlayar (Kesbel) KSOP Tanjungpinang, Martawilaya, ia menyebutkan penundaan keberangkatan tersebut lantaran hujan dan angin yang terjadi dapat beresiko mengurangi jarak pandang Nahkoda Kapal, sehingga pihaknya harus memastikan cuaca sudah mereda baru kemudian mengizinkan kapal untuk berlayar.

Baca Juga : BMKG Imbau Warga Waspadai Cuaca Extrim

Pihak KSOP Tanjungpinang juga menghimbau agar Operator Kapal Penumpang selalu melakukan komunikasi kepada pihak berwenang, jika menemukan masalah dalam pelayaran, serta selalu memantau kondisi cuaca terkini dari informasi resmi BMKG.

Berdasarkan pantauan di lapangan, situasi arus penumpang di pelabuhan Sri Bintan Pura masih dalam kondisi normal, meskipun saat ini Tanjungpinang dalam status PPKM level 3, tingkat keberangkatan masih cenderung sepi dari kondisi normal.(Drl)


Comments