Baznas Tanjungpinang Catat Penerimaan Zakat ASN Rp 4,7 Miliar


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Zakat ASN di lingkungan Pemkot Tanjungpinang mendominasi penyaluran zakat pendapatan atau profesi di Tanjungpinang, Baznas Kota Tanjungpinang mencatat setidaknya sekitar 58 persen penerimaan zakat bersumber dari zakat profesi ASN Pemkot Tanjungpinang.

Zakat ASN Pemkot Tanjungpinang tercatat sekitar 58 persen dari keseluruhan penerimaan zakat di Tanjungpinang sepanjang tahun 2022 lalu dengan nominal sekitar Rp 4,7 miliar.

Jumlah ini cenderung lebih besar dari keseluruhan penerimaan zakat di Tanjungpinang di tahun 2022.

Hal ini dijelaskan oleh Ketua Baznas Kota Tanjungpinang, Akhmad Khusairi.

Ia mengungkapkan bahwa kebijakan Pemkot Tanjungpinang yang mulai menerapkan zakat ASN sejak tahun 2019 silam telah banyak membantu meningkatkan penerimaan zakat.

Bahkan penerimaan zakat profesi ASN pada 2021 lalu sempat mencapai 78 persen.

Sepanjang tahun 2022 lalu, persentase penerimaan zakat profesi ASN tercatat 58 persen, hal ini terjadi akibat meningkatnya antusias profesi diluar ASN yang mulai sadar membayarkan zakat profesinya.

Diketahui setiap ASN memberikan 2,5 persen dari penghasilan yang diterimanya setiap bulan.

"Persentase zakat profesi ASN sepanjang 2022 lalu adalah 58 persen dari seluruh zakat di Tanjungpinang, kedepannya kita akan menggali potensi penerimaan zakat dari pihak diluar ASN," jelas Akhmad.

Selain penerimaan, Baznas Kota Tanjungpinang juga mencatat penyaluran zakat di Kota Tanjungpinang yang mencapai sekitar 89,03 persen, dengan kategori penyaluran zakat sangat bagus.

Penyaluran zakat ini cukup tinggi dengan bantuan dari Pemkot Tanjungpinang mulai dari tingkat RT hingga OPD, sehingga penyaluran lebih efektif dan efisien. (Drl)

Comments