BUMD Tanjungpinang Terus Merugi, Wali Kota Rahma Cari Direksi Baru


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Pasca pengunduran diri Direktur BUMD Tanjungpinang, Wali kota Tanjungpinang, Rahma selaku pemegang saham PT. Tanjung Makmur BUMD Tanjungpinang, berencana akan mencari Direksi yang baru.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyatakan pengunduran diri keduanya setelah digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa pada Jumat (19/11/2022) lalu. Dimana dalam rapat tersebut keduanya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Rahma mengatakan, berdasarkan hasil audit, terlampir saldo keuangan PT TMB yang terus merugi, bahkan dari informasi yang dihimpun dilapangan saat ini saldo perusahaan daerah ini hanya sekitar Rp.34 juta saja, ditambah lagi kondisi perusahaan yang memburuk membuat sejumlah pegawai BUMD mengalami tunggakan gaji.

"Kondisinya saat ini sangat buruk, kalau memang tidak bisa diselamatkan ya kita tutup saja. Tapi, saya selaku pemegang saham, akan menyelamatkan perusahaan BUMD," tegas Rahma.

Senada dengan Wali Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Tanjungpinang juga mendorong adanya kajian lebih mendalam kepada BUMD tersebut, seperti laporan keuangan dan kinerja menyeluruh.

Reni berpendapat bahwa keberadaan BUMD yang dikelola dengan baik, dibutuhkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Namun jika BUMD tidak memberikan manfaat bagi ekonomi dan masyarakat Tanjungpinang, maka lebih baik perusahaan ini lebih ditutup atau digantikan dengan perusahaan pihak ketiga, bahkan pilihan diadakannya kembali Dinas Pasar dapat menjadi pilihan Pemkot kedepannya.

"BUMD ini perlu dikaji lagi ya, apakah masih perlu berdiri atau diganti saja dengan dinas pasar atau dipihak ketigakan saja, jika BUMD hanya merugikan saja maka lebih baik dievaluasi lagi secara menyeluruh," kata Reni.

Anggota DPRD Tanjungpinang dari Fraksi partai Hanura ini, juga melihat adanya potensi yang besar di kawasan pasar yang saat ini sedang direvitalisasi oleh pemerintah pusat, maka dibutuhkan manajemen yang baik untuk mengelola pasar ini kedepannya. (Tim) 

Comments