Cepat Tanggap, Petugas Damkar Padamkan Karhutla


GOTVNEWSTANJUNGPINANG - Sejumlah petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di jalan WR Supratman Tanjungpinang, beruntung api tidak sempat menjalar lebih besar , petugas pemadam mampu menghentikan kobaran api hanya memakan waktu dibawah 10 menit.

Aksi ini dilakukan oleh 30 orang personel oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyematan (DPKP) Tanjungpinang, dalam simulasi time respon atau waktu tanggap, pada hari Kamis (1/7) pagi, simulasi dan pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk upaya DPKP Tanjungpinang mengetahui waktu tercepat yang dapat ditempuh saat menerima laporan dari masyarakat.

Sebelum simulasi dimulai, para pemadam diberikan pembekalan dan pelatihan, selain itu juga dilewati dengan pemanasan fisik terlebih dahulu, hingga para pemadam dapat menyelesaikan simulasi ini dengan baik.

Sesuai Standar Operasional yang berlaku, para pemadam kebakaran diberikan waktu sekitar 15 menit untuk bisa tiba di lokasi kebakaran, setelah menerima laporan dari masyarakat. namun seringkali dalam prakteknya dilapangan petugas selalu dihadapkan dengan beberapa rintangan,seperti lalu lintas yang padat,hingga lokasi kebakaran yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam.

Oleh karena itu, DPKP Tanjungpinang melalui pelatihan dan simulasi ini, berupaya agar para pemadamnya lebih terlatih dalam menghadapi situasi darurat yang menuntut kecepatan tersebut.

Kepala DPKP Tanjungpinang, Hantoni membenarkan hal ini, dan berharap agar para pemadam kebakaran dapat bekerja maksimal dalam melayani masyarakat.

Dalam simulasi time respon yang dilakukan hari ini, pemadam kebakaran berhasil tiba di lokasi kebakaran sekitar 4 menit setelah menerima laporan kejadian.(Drl)

Comments