Gabungan Komunitas Gelar Dapur Umum


GOTVNEWS - TANJUNGPINANG. Sebagai wujud kepedulian terhadap warga tanjungpinang yang terdampak covid 19, komunitas aksi sosial peduli Covid 19 di Tanjungpinang menggelar dapur umum, untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dirumah.

Aksi sosial yang diinisiasi oleh kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang bersama sejumlah elemen masyarakat seperti MUI,Tagana,NU,Karang Taruna Kepri,Perpat,Banser serta Komunitas kedai kopi sahabat berbagi,Siba Kargo dan Sejumlah Pengusaha.

Dapur umum yang didirikan oleh komunitas aksi sosial peduli covid 19 di Tanjungpinang cukup sederhana namun diharapkan dapat memberi manfaat dalam menyediakan makanan bagi warga yang menjalani isoman, selain itu juga menjamin kebersihan makanan yang disajikan, relawan yang berada di dapur tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku , dengan mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke dapur umum, serta disediakan juga tempat cuci tangan di depan pintu masuk dapur dan selama berada di dapur umum tetap menggunakan masker.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Joko Yuhono mengatakan, untuk saat ini yang sudah terdata warga menjalani isolasi mandiri sebanyak 250 orang, dalam satu hari warga yang menjalani isolasi mandiri akan diberikan makanan sebanyak dua kali yakni siang dan malam. Hal ini dilakukan agar warga isolasi mandiri tidak keluar rumah untuk membeli makan sehingga dapat mengurangi penyebaran Covid 19.

Joko menambahkan, dapur umum ini didirikan selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat yang di terapkan di Tanjungpinang, dan pihaknya juga siap memperpanjang program sosial ini jika PPKM darurat diperpanjang.

Sementara itu, ketua aksi sosial peduli Covid 19 Tanjungpinang, Isnaini Wahyu Wibowo mengatakan, bagi warga sedang melakukan isolasi mandiri dan ingin mendapatkan bantuan bisa menghubungi call center 082288645040.

Bowo menambahkan, untuk hari ini ada sebanyak 500 kotak makanan yang di siapkan untuk dibagikan kepada 250 orang warga yang isolasi mandiri.

Diharapkan dengan di dirikan dapur umum ini selama masa PPKM darurat di Tanjungpinang hingga 20 Juli mendatang, dapat membantu membangkitkan semangat warga yang isolasi mandiri agar segera sembuh.

Berdasarkan data Satgas Covid 19 kota Tanjungpinang, pertanggal 12 juli 2021 sebanyak 1.197 warga yang melakukan isolasi mandiri.(Drl)


Comments