Harga Barang Pokok Relatif Stabil Di Tanjungpinang


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2021 harga dan permintaan barang pokok di Supermarket dan Pasar Tradisional Tanjungpinang, cenderung atau relatif stabil, jika dibandingkan pada tahun 2020 yang mengalami penurunan dari permintaan hingga mencapai 40 %.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Tanjungpinang, jumlah permintaan barang pokok sejak Januari hingga Agustus 2021, terdapat rata - rata 60 hingga 78 % tercapai dari target yang ditentukan pelaku usaha.

Pola permintaan ini terbaca dari penyaluran Distributor barang pokok kepada pedagang, baik Supermarket maupun Pasar Tradisional yang cenderung stabil, namun untuk penyaluran dari pedagang kepada masyarakat atau konsumen masih mengalami sedikit fluktuasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kebijakan PPKM, namun hal ini masih dikategorikan stabil.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Disdagin Tanjungpinang, melalui Kepala Bidang Stabilisasi Harga, Endy Febri. Ia menjelaskan, stabilnya harga dan permintaan barang pokok di Tanjungpinang ini terus dipantau tiap harinya dan didapati kecenderungan masyarakat mulai berani berbelanja untuk memenuhi kehidupan sehari - hari, baik secara langsung maupun melalui Daring.

Endi menambahkan, meskipun cenderung stabil, namun ada beberapa komoditas yang masih mengalami fluktuasi secara musiman, seperti komoditas laut yang cenderung naik harganya saat cuaca buruk, begitu pula komoditas sayur mayur yang gagal panen akibat curah hujan yang tinggi.

Baca Juga : Wamen ATR BPN Tinjau Landing Point Jembatan Babin

Lebih lanjut, Endi bersama jajarannya berkomitmen akan terus mengawasi ketersediaan barang pokok bagi masyarakat, sehingga tidak terjadi kelangkaan yang berujung naiknya harga barang pokok.

Sebagai informasi tambahan, bagi anda yang ingin memantau harga barang pokok terupdate, anda bisa mengunjungi Website resmi Disdagin Tanjungpinang yang diperbaharui setiap harinya.(Drl)


Comments