NU Bintan Dorong Pemuda agar Mandiri Secara Ekonomi


GOTVNEWS, Bintan - Memaknai Semangat Sumpah Pemuda, NU Bintan mendorong Pemuda untuk mandiri secara ekonomi dengan cara berdagang ataupun bertani.

Hal itu diungkapkan pengurus NU Bintan, Indra Setiawan. Ia mengajak dan membina para pemuda untuk mampu mandiri di segala bidang yang dilakoni.

Menurutnya, pendapatan dari bertani dan berdagang tidak bisa dianggap remeh. Meski petani dan pedagang tidak begitu disenangi anak muda, namun ia yakin bidang ini harus dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghadapi tantangan ekonomi khususnya resesi ekonomi di tahun depan.

“Memang bertani ini kerap dianggap profesi remeh, tapi itu anggapan saja, faktanya banyak masyarakat kita berhasil di bidang pertanian,” ungkapnha.

Dengan metode kerjasama dan memberikan fasilitas lahan dan perlengkapan bertani, Indra membuka peluang usaha pertanian dengan bentuk kemitraan. Hal ini kini berjalan dan memberikan dampak ekonomi untuk pendapatan pemuda dan pemudi di wilayahnya.

Seperti Farhan salah seorang pemuda NU Bintan yang dibina untuk menjadi petani milenial di Tanjunguban.

Farhan didorong menjadi petani yang mandiri dan mampu menciptakan kemandirian ekonomi personalnya.

“Ya seperti menanam melon ini, mudah dan modalnya tak besar-besar kali. Seperti penggunaan pupuk kandang dan kompos yang kami maksimalkan, sehingga kebutuhan akan bahan kimia maupun obat tanaman semakin minim,” katanya.

Selain melon, Farhan juga bertanam cabai, daun seledri dan juga daun bawang dalam skala kecil. Tanaman tersebut memiliki waktu panen yang berbeda dan memberikan dampak ekonomi bagi kebutuhan keluarganya.(Mhd)


Comments