Hujan dan Angin Kencang Sebabkan Sejumlah Pohon Tumbang di Tanjungpinang


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Hujan lebat disertai angin kencang melanda kota Tanjungpinang pada hari Rabu 11 Januari 2023 , membuat sejumlah pohon tumbang dibeberapa kawasan hingga sempat mengganggu arus lalu lintas.

Sebuah pohon Kempas yang berada di Jalan Pemuda, Kota Tanjungpinang, tumbang ke jalan pada Rabu (11/1/2023) pagi.

Pohon setinggi 10 meter itu tumbang akibat hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Tanjungpinang.

Tumbangnya pohon tersebut sempat menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Pemuda terganggu, akibat batang pohon menutupi sebagian ruas jalan.

Menurut saksi mata, Lina mengatakan sempat mendengarkan suara gemuruh pohon tumbang saat kondisi hujan melanda, menurutnya pohon tersebut telah berdiri sejak puluhan tahun lamanya.

Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena saat insiden terjadi tidak ada pengendara yang melintas.

"Saya lagi dirumah, terdengar suara gemuruh pohon tumbang ternyata pohon di depan bengkel, pohon ini kondisinya memang sudah tua, akarnya tidak ada sudah di makan rayap, alhamdulillahnya tidak ada yang ketimpa," ucapnya.

Sementara itu, pohon tumbang juga terjadi di kawasan Jalan WR Supartman, Kelurahan Pinang Kencana.

Kali ini pohon jenis akasia tersebut tumbang akibat batang pohon tidak dapat menopang bobot pohon saat hujan disertai angin kencang melanda.

Petugas gabungan yang berasal dari kepolisian, TNI, BPBD, Dinas Perkim, langsung melakukan evakuasi pohon yang sempat menutup ruas jalan.

Dihari yang sama juga, 2 pohon tumbang juga terjadi di kawasan Kampung Bugis RT 003 RW 002.

Petugas yang mendapati laporan oleh dari warga, langsung bergerak ke lokasi guna membersihkan material pohon tumbang.

Dalam rententan kejadian pohon tumbang ini, BPBD Tanjungpinang menyebut tidak ada menimbulkan korban jiwa.

"Kita himbau masyarkat agar lebih waspada saat melakukan aktivitas dalam cuaca ekstrim seperti ini," ucapnya.

BPBD Tanjungpinang mengimbau masyarakat agar tetap waspada saat melakukan aktivitas dalam kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini.

Dan apabila membutuhkan bantuan segera menghubungi petugas BPBD kota Tanjungpinang melalui call center 0771 - 20949.(San)

Comments