Ikan Dingkis Membawa Hoki Bagi Nelayan Pesisir


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Setiap menjelang perayaan Imlek, ikan dingkis selalu menjadi populer bagi masyarakat tionghoa yang dipercayai dapat membawa keberuntungan bagi yang mengkonsumsinya, namun tidak hanya keberuntungan bagi warga tionghoa saja, namun juga membawa keberuntungan bagi para nelayan akibat setiap ikan hasil tangkapannya selalu habis terjual dengan harga yang lebih tinggi.

Ikan dingkis merupakan sajian makanan saat perayaan Imlek tiba, dimana menurut sebagian warga tionghoa dapat membawa hoki atau keberuntungan, namun pada momen ini tidak hanya bagi entis tionghoa saja yang mengalami keberuntungan, namun bagi para nelayan pesisir yang berada Jalan Sei Jang juga mendapatkan keberungan, akibat ikan dingkis hasil jaringnya juga laku terjual.

Seperti yang dirasakan oleh Ruslan, salah satu nelayan di kawasan Sei Jang, ia mengaku pendapatannya bersama nelayan lainnya mengalami peningkatan setiap menjelang perayaan Imlek, sehingga nelayan ini tidak menyiakan momentum emas ini untuk berburu ikan dingkis.

Pria berusia 40 tahun ini mengungkapkan dirinya bersama nelayan lainnya untuk mencari ikan dingkis, hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar dua jam saja dimana ia pergi, menjelang waktu Maghrib dan pulang menjelang waktu Isya dan selalu mendapatkan hasil tangkapan yang mencapai 15 hingga 20 kilogram dalam sekali melaut.

Selain itu, Ruslan menambahkan, dalam sehari - hari ia hanya mampu menjual ikan dingkis dengan harga sebesar 15 ribu rupiah perkilo, namun saat menjelang Imlek ditambah masuknya musim ikan dingkis bertelur, ia mampu menjual dengan harga 45 – 50 ribu rupiah perkilo karena ikan dingkis yang bertelur harga lebih mahal.

Baca Juga : Jelang Imlek Penumpang di SBP Meningkat

Dari hasil tangkapannya ini, ia menjual kepada penampung atau kepada masyarakat sekitar yang beretnies tionghoa, kebanyakan membeli dengan harga 50 ribu rupiah. (San)


Comments