Jelang Imlek 2022 Warga Berburu Ikan Dingkis


GOTVNEWS, BINTAN - Setiap perayaan tahun baru Imlek, ikan dingkis selalu menjadi ikon penting bagi sebagian Warga Tiong Hoa. karena terdapat kepercayaan bahwa dengan memakan ikan dingkis yang sedang bertelur ketika Imlek, diyakini membawa hoki atau keberuntungan, bagi yang mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi ikan dingkis sudah menjadi tradisi setiap perayaan tahun baru Imlek tiba, sehingga ikan dingkis pasti diburu sebagian warga Tiong Hoa, terlebih lagi ikan dingkis yang bertelur paling banyak diburu oleh sebagian warga Tiong Hoa karena dengan mengkonsumsi ikan ini, dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Jelang beberapa hari perayaan Imlek, ikan dingkis sudah bisa ditemukan di sejumlah pasar tradisional di Bintan, salah satunya di pasar tradisional Barek Motor Kijang, Bintan, pedagang pasar Eko mengatakan, ikan dingkis berbeda dengan ikan lainnya, dimana ikan dingkis bertelur hanya satu tahun sekali, yakni menjelang tahun baru Imlek, akan hal ini lah yang membuat ikan sejenis baronang tersebut dibanderol dengan harga cukup mahal.

Baca Juga : Kesenian Kuda Kepang Hiasi Taman Batu 10

Lantaran banyaknya warga yang memburu ikan dingkis, akan tingginya permintaan ikan dingkis sehingga pedagang menjual mulai dari harga 25 ribu perkilo nya, bagi yang tidak bertelur, sedangkan untuk ikan dingkis kecil yang bertelur dijual dengan harga 80 ribu perkilonya, sedangkan untuk harga ikan dingkis yang ukuran besar di jual dengan harga 250 ribu perkilonya. (Drl)


Comments