Kesenian Kuda Kepang Hiasi Taman Batu 10


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Ada hal yang unik di taman batu 10, sejumlah anak muda bagian dari kelompok Masyarakat Pecinta Seni dan Budaya Jawa, melakukan atraksi dan menghibur para pengunjung di taman batu 10 dengan menggelar atraksi kesenian kuda kepang upaya dalam melestarikan seni dan budaya sebagai warisan leluhur.

Sejak pandemi covid 19 melanda negeri ini banyak hal yang turut terdampak, salah satunya di bidang seni dan budaya, ikut terkurung dalam memberikan ruang berkreatifitas, dimana saat ini kasus covid 19 kian melandai dan capaian vaksin pun semakin memenuhi target, sehingga sedikit demi sedikit beberapa kelompok pegiat seni dan budaya mulai memberanikan diri menampilkan kesenian di ruang public.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu kelompok Seni Kuda Kepang Cilacapan yang satu ini dengan beranggotakan generasi muda, semangat melestarikan budaya tampak jelas disetiap gerakan tarian yang mereka tampilkan.

Dengan alat yang sederhana, sejumlah muda mudi ini menampilkan atraksi kuda kepang di tengah - tengah masyarakat, saat bersantai di taman batu 10, sekaligus menjaga kelestarian budaya kesenian jawa merupakan warisan leluhur ini.

Salah satu anggota kelompok kesenian, Aryo Widodo mengatakan tujuan mereka melakukan ini tidak lain sebagai pengobat rindu bagi para perantau yang rindu akan kampung halaman. sekaligus memberikan suguhan hiburan bagi warga kota Tanjungpinang.

Baca Juga : Bangkitkan Pesona Bintan Lewat Olahraga

Antusias penonton di taman batu 10 ini pun tampak cukup baik, dari mulai usia anak - anak hingga usia dewasa, terlihat menikmati suguhan seni budaya yang populer di tanah air bahkan internasional tersebut. (Drl)


Comments