Jokowi Sukses Pimpin Presidensi G20 Indonesia, Seluruh Delegasi Beri Apresiasi


GOTVNEWS, Nasional - Presiden RI Joko Widodo sukses menjalankan Presidensi G20 Indonesia 2022, yang ditandai dengan capaian hasil konkret untuk sejumlah proyek dan isu strategis, seperti transisi energi.

Keberhasilan Presiden Jokowi dalam memimpin Presidensi G20 tersebut mendapat apresiasi dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Guterres menyatakan, Presidensi Indonesia telah berhasil mendorong dialog dan meraih beberapa kesepakatan di antara negara G20 di tengah situasi yang menantang.

Selain itu, Presiden Biden menjadi satu-satunya kepala negara yang memberikan gestur hormat dengan mengangkat tangan kanan sejajar di kening ketika menemui Presiden Jokowi saat tiba di The Apurva Kempinski, di lokasi penyelenggaraan KTT G20, pada Selasa (15/11/2022) lalu.

Tidak hanya itu, Presiden Biden juga mengumumkan bahwa pihaknya bersama pihak lain berupaya dapat memobilisasi dana hingga 20 miliar dolar AS, untuk membantu berbagai proyek transisi energi di Indonesia.

Presiden Biden berharap, kucuran dana tersebut dapat membantu Indonesia mengurangi emisi karbonnya secara signifikan serta memperluas jaringan pembangkit listrik dari energi baru dan terbarukan (EBT).

Tidak hanya Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memberikan dukungannya dalam program transisi energi tersebut.

Presiden Joko Widodo resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, pada Rabu (16/11/2022) dengan menyerahkan palu kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya kepada PM India Narendra Modi.(Frh)


Comments