Jumlah Penumpang Pesawat Naik 20 %


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Tarif tes SWAB PCR yang awalnya berkisar Rp.900.000, kini turun menjadi Rp.525.000, efek dari penurun harga tersebut , ternyata berpengaruh terhadap jumlah arus penumpang di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, kini mulai meningkat sekitar 20 % dari jumlah penumpang sebelumnya.

Sebagai syarat wajib bagi pelaku perjalanan, khususnya bagi pengguna moda transportasi udara, atas menurunnya tarif tes SWAB PCR, memberi dampak positif bagi jumlah penumpang di Bandara RHF Tanjungpinang, baik dari keberangkatan maupun kedatangan .

Sejak harga PCR diturunkan oleh pemerintah, yang diberlakukan sejak tanggal 18 Agustus , diketahui jumlah penumpang di Bandara RHF naik sekitar 20 %, atau sekitar rata - rata 100 orang penumpang per harinya. Hal ini juga dibenarkan oleh Eksekutif General Manager (EGM) PT. Angkasa Pura II Tanjungpinang, Ngatimin K Murtono, ditemui usai menerima kedatangan Istri Menteri perhubungan RI, Endang Sri Hariyatie.

Selain dipengaruhi turunnya harga tes PCR, capaian vaksinasi yang tinggi di Kepri saat ini hampir mencapai 70 %. Sebab sertifikat vaksin juga salah satu syarat wajib bagi pelaku perjalanan, dan Herd Immunity pun diharapkan mampu meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut Ngatimin menyebutkan, saat ini hanya ada dua Armada yang beroperasi di Bandara RHF Tanjungpinang, antara lain Garuda Airlines yang berangkat dan datang sebanyak tiga kali seminggu, dan Citilink Airlines yang beroperasi setiap harinya, sekaligus Armada penyumbang penumpang terbanyak yakni 100 orang lebih per hari. Pihaknya juga berharap adanya penambahan Armada dari Lion Air, untuk mengoptimalkan pelayanan penerbangan.

Berdasarkan data dari PT.Angkasa Pura II, jumlah penumpang per hari yang biasanya sekitar 300 orang lebih kini meningkat pada angka 400 orang lebih. Sedangkan hari ini terdapat 118 lebih orang yang berangkat dan 98 orang yang tiba di Tanjungpinang melalui Citilink, sementara dari Garuda Air yang datang 46 orang dan yang berangkat 38 orang.(Drl)

Comments