Kepri Tuan Rumah Konferensi Nasional FKUB Ke 7


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau menjadi tuan rumah penyelenggara Konferensi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama tahun 2022. Konferensi ini berlangsung di Aula Wan Seri Beni, Komplek Perkantoran Pemprov Kepri di Tanjungpinang, Kamis (6/10/2022).

Tema Konferensi FKUB tahun ini adalah berkemajuan dalam kemajemukan. Lebih dari 1.000 peserta yang berasal dari perwakilan FKUB di 34 provinsi hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua FKUB Indonesia, Ida Pangelinsir Agung Putra mengatakan kerukunan antar umat sangat dibutuhkan oleh bangsa ini, oleh sebab itu kehadiran FKUB dapat memperkuat toleransi dan harmonisasi antara umat beragama di Indonesia. Ia berharap hal ini dapat menjadi inspirasi di mata dunia.

"Yang terpenting kita bahasa dalam konferensi ini bagaimana menjadikan masyarakat Indonesia untuk menjadi penganut agama sekaligus warga negara yang baik," terangnya

Sementara itu, Gubernur kepri, Ansar Ahmad mengaku sangat bangga wilayahnya menjadi tuan rumah Konferensi Nasional FKUB ke 7.

Ansar menyebut, wadah antara umat beragama ini dapat sebagai penentu masa depan bangsa. Sehingga melalui forum ini dapat dilakukan berbagai upaya dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, untuk mencegah terjadinya konflik atau menyelesaikan perselisahan.

"Inikan menjadi wadah, yang selama ini dihadapkan sumbatan - sumbatan yang memicu ketidakharmonisan antar umat beragama yang dapat diselesaikan melalui forum ini," tuturnya.

Pada kegiatan ini dilangsungkan penandatangan antara lintas agama sekaligus pemukulan kompang sebagai tanda dimulainya kegiatan Konferensi Nasional FKUB.(San)

Comments