Klaster Keluarga Dominasi Covid di Tanjungpinang


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Selama PPKM Level darurat maupun PPKM Level 4 , Satgas Covid 19 Tanjungpinang mendata banyaknya kasus Covid 19 dari klaster keluarga , yang mendominasi angka positif Covid 19, hal ini diduga lantaran dilakukannya penerapan bekerja dari rumah , dianggap memberikan peyebaran bagi keluarganya.

Pemerintah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) selama penerapan PPKM Darurat dan Level 4, guna mencegah ramainya klaster perkantoran, dengan persentase 25 % WFO dan 75 % WFH.

Namun dalam pelaksanaannya, kebijakan ini justru diduga menambah klaster keluarga yang menyumbang angka postif di Kota Tanjungpinang , lantaran banyaknya karyawan yang bekerja dirumah, sehingga berpotensi menularkan ke anggota keluarga lainnya di rumah.

Hal ini juga dibenarkan oleh Pelaksana Tugas Kadinkes Kota Tanjungpinang, Nugraheni, ia menyebutkan bahwa selama ini Satgas banyak menemukan kasus positif Covid 19 yang menyasar ke ibu rumah tangga dan Lansia yang notabenenya jarang berinterasi di luar rumah.

Diduga, penularan Covid 19 klaster rumah terjadi karena masih adanya aktivitas diluar rumah yang masih dilakukan oleh anggota keluarga, namun masih abai terhadap Protkes, selain itu Nugraheni juga menambahkan , salah satu faktor yang disebabkan kondisi cuaca yang turut mempengaruhi imun tubuh, sehingga jika salah satu ada yang sakit maka berpotensi menularkan kepada anggota keluarga lainnya.

Berdasarkan laporan Satgas per tanggal 26 Juli lalu, kasus Covid 19 di Tanjungpinang bertambah sebanyak 33 kasus, dengan akumulasi kasus sebesar 7.864 kasus, serta kasus aktif sebanyak 1.864 kasus. Dengan ini Pemko Tanjungpinang masih harus bekerja keras melalui pelaksanaan testing, tracing dan treatmen (3T) terutama dimasa PPKM Level 4 lanjutan saat ini.(San)

Comments