Komoditas Ternak Naik di Tengah Pandemi


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Ditengah situasi Pandemi Covid 19 yang semakin memburuk , ternyata masih ada optimisme yang masih bisa dihandalkan, seperti komoditas hewan ternak sapi dan kambing, yang cenderung mengalami peningkatan meskipun pandemi melanda.

Komoditas hewan ternak merupakan salah satu komoditas andalan Indonesia sejak dulu, dikarenakan faktor iklim tropis yang dimiliki, seperti hal nya komoditas sapi dan kambing yang pada awal pandemi tahun 2020 lalu cenderung rendah, namun pada 2021 justru meningkat 30 hingga 40 persen.

Hal ini juga terjadi di wilayah kerja Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kelas Ii Tanjungpinang. Berdasarkan laporan yang dicatat terakhir per 23 Juni 2021 lalu, jumlah total komoditas sapi dan kambing mencapai 2443 ekor, jumlah ini bertambah dibanding tahun lalu yang hanya 1471 ekor.

Adapun rincian komoditas sapi dan kambing menjelang Idul Adha 2021 antara lain, kambing berjumlah 1077 ekor dan sapi berjumlah 1366 ekor.

Peningkatan grafik komoditas ini sekaligus menjawab pertanyaan publik terkait ketersediaan pangan berupa daging ternak dimasa pandemi Covid 19, yang dinyatakan mencukupi serta berpotensi menjadi peluang untuk perputaran ekonomi bagi para peternak.

Hal ini juga dibenarkan Oleh Kepala Barantan Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho, ia menyebutkan bahwa pihaknya juga menjamin terkait kesehatan sapi dan kambing yang masuk ke Tanjungpinang dan sekitarnya, dalam kondisi yang sehat dan bebas dari penyakit hewan, melalui prosedur yang ketat, seperti uji sampel darah.

Diketahui, menjelang Idul Adha selalu menjadi momen jual beli hewan ternak yang cukup menjanjikan, namun pada kenyataannya dilapangan beberapa pedagang justru mengeluhkan sepinya pembeli, sehingga peningkatan komoditas hewan ternak tahun ini belum didukung secara maksimal oleh daya beli masyarakat yang kian menurun.(Drl)

Comments