Kreatif, Pekerja TPA Ganet, Sulap Sampah Plastik Jadi Paving Block


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Jika biasanya paving block terbuat dari pasir dan campuran semen, kini para pekerja di tempat pembuangan akhir sampat yang berada di Jalan Ganet, memanfaatkan limbah atau sampah plastik yang tidak terpakai lagi, dikumpulkan dan diolah menjadi benda yang bernilai ekonomis yakni pavling block.

Paving Block dari limbah sampah plastik ini, tidak kalah kualitasnya dengan paving block yang berbahan pasir bercampur semen, untuk menjamin keamanan dan kualitas pavling block dari limbah ini, para pekerja TPA ini juga telah melakukan pengujian laboratorium di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemko Tanjungpinang dan paving block berbahan plastik ini memiliki daya tekan hingga 172 bar, dalam pengujiannya ketahanan paving ini dilakukan menggunakan alat berat seperti loder.

Hengky, salah seorang pekerja di TPA Ganet, dirinya mengatakan pembuatan pavling block dari limbah plastik ini terinspirasi dari tayangan di kanal Youtube, dari situ para pekerja ini mencoba membuat pavling block dengan sampah plastik, tidak hanya itu, alat pencetak serta tempat memasak plastiknya pun digunakan dengan besi-besi bekas dari pembuangan di TPA, selain kantong plastik, botol-botol plastik juga digunakan untuk membuat pavling block.

Baca Juga : Polres Bintan Gelar Simulasi, Menyambut Travel Bubble

Dalam sehari, mereka bisa mencetak 30 sampai 40 buah paving block, dengan bahan sebanyak 50 kg sampah plastik yang dicampur dengan 50 kg pasir, setelah bahan tercampur dan menjadi seperti bubur, maka sampah plastik tersebut dimasukan ke cetakan paving block dan kemudian ditunggu hasilnya hingga mengeras, hasil dari kreativitas para pekerja, paving block ini digunakan oleh beberapa OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang untuk membuat taman.

Mereka juga berharap, keberhasilan dalam membuat paving block dengan memanfaatkan limbah plastik kedepannya dapat di pasarkan dan tidak hanya memproduksinya saja. (Drl)


Comments