Langit Biru Kepri Dihiasi Atraksi Pesud Bonanza G - 36 TNI AL


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Ada yang berbeda pada langit biru beserta lautan di Kepri kali ini, karena sejumlah Alutsista dari matra laut atau TNI AL melaksanakan latihan operasi gabungan tahun 2021, untuk menguji kemampuan seluruh unsur serta profesionalisme prajurit TNI AL. Latihan armada jaya ke - 39 dilaksanakan di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri.

Latihan operasi Amphibi ini melibatkan seluruh unsur pasukan di TNI AL, termasuk enam pesawat udara tipe Bonanza G - 36, dalam latihan ini melibatkan berbagai materi, antara lain bulsi latihan pertahanan pangkalan, Air Defence Exercise maupun demo udara rajawali laut Flight.

Inilah penampilan atraksi Pesud Bonanza G - 36 saat beatraksi di langit Kepri, enam pesawat milik TNI AL tersebut meliuk - liuk diatas langit Kepri dengan gerakan manuver yang ekstrim, memukau semua masyarakat di Dabo Singkep.

Pesud Bonanza G -36 ini diawaki oleh enam instruktur pilot dibawah Flight Leader, Kolonel Laut Catur Nur Ardiantoro yang merupakan direktur operasi Puspenerbal, selain itu lima orang siswa DIK penerbal TNI AL angkatan XIV diajak serta dalam latihan ini.

Setibanya armada Pesud Bonanza G-36 di Kota Tanjungpinang, tim liputan Gotvnews berkesempatan menyambangi langsung instruktur pilot Bonanza G - 36 tersebut, di Lapangan Udara Raja Haji Fisabilillah.

Baca Juga : Kampus BTI Ditutup, PLT Bupati Bintan Angkat Suara

Kolonel Catur Nur Ardiantoro menyebutkan, dengan kemampuan manuver serta kelincahan dari Pesud Bonaza G - 36 ini, TNI AL sempat memberikan penampilan atraksi di udara, sehingga memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat kepri khususnya di Lingga.

Pesawat udara Bonanza tipe G - 36 merupakan salah satu unsur yang dimilki oleh TNI AL, pesawat latih ini digunakan sebagai sarana latihan bagi siswa calon penerbang TNI AL. kelebihan dari pesawat buatan Amerika ini adalah kemampuannya melakukan manuver - manuver yang ekstrim, serta berfungsi sebagai pendeteksi ancaman serangan musuh dalam pertempuran laut.

Rangkaian latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut, sekaligus menguji doktrin operasi gabungan yang diaplikasikan dalam operasi gabungan dan kampanye militer. Latihan ini digelar sejak dibuka secara resmi oleh kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, pada 22 Oktober hingga 28 Oktober mendatang, di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri.(Drl)


Comments