Museum SBA Tanjungpinang Gelar Pameran Alat Musik Tradisional


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Dalam rangka meningkatkan wawasan terhadap nilai sejarah dan budaya tradisonal, kepada generasi milenial di Kota Tanjungpinang. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, menggelar pamaeran temporer alat musik tradisional, Rabu (27/7/2022). 

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah yang berada di Jalan Ketapang Kota Tanjungpinang, menggelar kegiatan pameran temporer alat musik tradisional.  Pameran dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. Para peserta pameran diikuti sejumlah paguyuban di Tanjungpinang, seperti paguyuban Minang, Kerukunan Sulawesi Selatan, Pasundan, Rumpun Batak Bersatu, Budaya Tionghoa, hingga kebudayaan melayu.

Dimana, didalam museum itu, memamerkan ragam alat musik tradisonal, yang dimiliki setiap paguyuban di Tanjungpinang.

Kepala Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Ivan Kurniawan mengungkapkan,tujuan di gelar pameran ini adalah sebagai sarana edukasi agar masyarakat lebih memahami nilai sejarah dan budaya.

"Kita menambah wawasan generasi muda terhadap nilai-nilai sejarah dan budaya, dimana saat ini alat-alat musik tradisional atau pun yang bersifat kebudayaan tradisional sudah banyak ditinggalkan," katanya. 

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kepri Afitri Susanti mengungkapkan pameran temporer alat musik tradisional ini memang sudah seharusnya rutin dilaksanakan. Karena menurutnya, wisata sejarah memang menjadi daya tarik kunjungan wisata ke Tanjunpinang. Sebagaimana diketahui Pemprov Kepri tengah melakukan penataan di Kawasan Wisata di Pulau Penyengat, berbagai dukungan juga diberikan oleh kementerian/lembaga. 

"Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN akan mengalokasikan dana sekitar Rp 100 miliar," katanya. 

Pameran temporer alat musik tradisional digelar selama 5 hari kedepan, mulai tanggal 27 Juli sampai tanggal 31 Juli 2022.(San)

Comments