Para Pecinta Mangrove Tanam 100.000 Bibit Bakau


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Demi menjaga kelestarian lingkungan hidup, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Mangrove Indonesia, berinisiatif menanam 100.000 bibit tanaman Mangrove, diatas lahan seluas ratusan hektar, di Kawasan Sei Tiram Kabupaten Bintan.

Meski ditengah Pandemi Covid-19, namun tak menyurutkan semangat para Pencinta Mangrove Indonesia untuk terus melakukan kegiatan penanaman bakau di Wilayah Pulau Bintan, Provinsi Kepri. Sejumlah masyarakat Pecinta Mangrove ini tetap menjalankan aktivitas positif, seperti menanam bibit tanaman Mangrove di atas lahan bekas tambak udang seluas puluhan hektar, sebagai upaya melestarikan tanaman Mangrove yang berguna bagi lingkungan hidup sekitar.

Koordinator Pecinta Mangrove Indonesia, Ady Indra Pawennari, menyebutkan aksi penanaman bakau ini, merupakan kegiatan rutin yang dilakukannya sejak tahun 2010 lalu, dalam 1 tahun kelompok ini telah menanam bakau di Kampung Sei Tiram, sekitar 100.000 batang, ditargetkan kegiatan ini akan terus berlanjut sampai semua lahan seluas 100 ha tertanami bakau.

Ady mengaku kegiatan penanaman bakau yang dilakukan bersama komunitasnya, juga ikut melibatkan masyarakat setempat, mulai dari pengadaan bibit, penanaman hingga pemeliharaan.

Selain itu, kegiatan penanaman bakau ini tidak menggunakan anggaran dari pemerintah, atau murni menggunakan dana pribadi dan swadaya dari teman-teman Pencinta Mangrove Indonesia.

Pria peraih Anugerah Pahlawan Inovasi Teknologi tahun 2015 itu berharap, apa yang dilakukannya bersama Pecinta Mangrove lainnya ini dapat memberi manfaat bagi lingkungan, khususnya dalam upaya meredam pemanasan global.

Pantauan di lapangan pada puluhan hektar lahan bekas tambak udang dan ikan bandeng di Sei Tiram, tampak telah ditumbuhi ratusan ribu batang pohon bakau dengan usia tanam yang berbeda-beda.

Mulai dari bakau yang telah mencapai 10 tahun pasca tanam, dengan tinggi 5 - 7 meter, hingga yang berusia 3 tahun yang sudah mencapai ketinggian 1,5 hingga 2 meter.(Drl)


Comments