Pemprov Kepri Gesa Capaian Vaksinasi Dasar pada Anak

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Muhammad Bisri. f. Gotvnews/Drl.

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Pemprov Kepri akan menggesa capaian vaksinasi dasar terhadap anak - anak di Kepri, hal ini dikarenakan capaian vaksinasi yang masih tergolong rendah akibat situasi pandemi beberapa tahun belakangan. Vaksinasi dasar meliputi Vaksinasi BCG, Hepatitis dan Polio.

Tahun 2021 lalu, persentase capaian vaksinasi dasar di Kepri hanya mampu mencapai sekitar 40 - 45 Persen dari 80 Persen yang ditargetkan, hal ini lantaran situasi pandemi Covid 19 yang melanda sejak awal tahun 2020.

"Capaian vaksinasi dasar kita sebenarnya termasuk bagus di Nasional, namun karena pandemi jadi agak menurun jadi 40 - 45 persen, yang seharusnya diatas 70 Persen," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Muhammad Bisri.

Bisri melanjutkan, turunnya capaian ini lantaran pandemi Covid 19 yang membuat para Nakes lebih fokus pada vaksinasi Covid 19.

"Kota Tanjungpinang baru-baru ini dapat prestise dari Kemenkes sebagai daerah yang terbaik dalam hal imunisasi dan vaksinasi pada usia anak, hal ini merupakan momentum untuk kita kembali menggesa vaksinasi dasar ini," kata Bisri.

Dinkes Kepri menargetkan capaian hingga 80 Persen tahun ini, dengan mengerahkan semua pihak terkait serta mengajak orang tua untuk mau membawa anaknya ke Puskesmas, Posyandu atau Sentra Vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi dasar.

Sebagaimana yang diketahui, vaksinasi dasar meliputi Vaksinasi BCG, Hepatitis dan Polio. Jenis penyakit yang kerap menyasar pada usia anak ini kembali menjadi sorotan, setelah adanya laporan kasus hepatitis akut misterius, sehingga diperlukan upaya promotif preventif vaksinasi dasar.(Drl)

Comments