PPDB Online Timbulkan Sejumlah Masalah


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pada penerimaan peserta didik baru atau PPDB Kota Tanjungpinang tahun 2021, penerapannya dilakukan secara online dan berlangsung sejak Senin lalu, dalam pelaksanaannya secara online ditemukan sejumlah kendala yang dihadapi oleh para calon peserta didik.

Penerimaan peserta didik baru atau PPDB tingkat SD dan SMP di Kota Tanjungpinang sudah dibuka pada Senin, 21 Juni 2021 lalu. PPDB gelombang pertama ini dibuka khusus bagi calon peserta didik di masing masing sekolah yang memiliki bakat atau prestasi baik di bidang pendidikan maupun non pendidikan seperti olahraga , musik dan lain sebagainya.

Sejak dibuka, sejumlah kendala ditemukan oleh para pihak orang tua siswa saat hendak mendaftarkan anaknya di sekolah favorit mereka, seperti jaringan internet, proses penginputan data siswa, hingga kelengkapan berkas yang masih kurang. Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia PPDB di Smp Negeri 4 Tanjungpinang.

Untuk mengantisipasi kendala tersebut , pihak panitia telah menyiapkan petugas untuk membantu para orang tua peserta didik, dapat menyampaikan keluhan terkait proses pendaftaran sistem online tersebut kepada sekolah. Hal itu dilakukan guna membantu pihak orang tua agar dapat menyelesaikan hambatan yang ditemukan mereka saat mendaftarkan anak anaknya melalui sistem online.

Sementara itu salah satu orang tua siswa, yang hendak mendaftarkan anaknya di SMPN 4 terpaksa mendatangi sekolah tersebut , mengingat sejak Senin kemarin , ia tidak bisa memasukkan data anaknya melalui sistem online untuk didaftarkan di SMPN 4 ini melalui jalur prestasi.

Seperti diketahui, PPDB online ini secara bertahap dibuka berdasarkan beberapa jalur penerimaan. Untuk saat ini PPDB online dibuka melalui jalur prestasi hingga selasa, 22 Juni ini, selain jalur prestasi itu, nantinya akan di buka melalui, jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orangtua yang dimulai secara resmi pada tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2021.

Adapun total keseluruhan calon peserta didik yang diterima di SMPN 4 Tanjungpinang ini ada sebanyak 324 siswa, untuk 9 rombongan belajar melalui keseluruhan jalur masuk PPDB online tersebut.(San)

Comments