Puluhan Pelaku Seks Penyimpang di Tanjungpinang Terinfeksi HIV/AIDS


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Sepanjang tahun ini puluhan warga Tanjungpinang dinyatakan positif HIV/AIDS. Jumlah itu didominasi oleh warga dengan pelaku seks menyimpang penyuka sesama jenis.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tanjungpinang periode Januari hingga Oktober 2022, mencatat 85 warga dinyatakan positif HIV/AIDS, data tersebut didominasi oleh laki-laki penyuka sesama jenis.

Dari 85 warga Tanjungpinang yang terdeteksi virus HIV/AIDS, pengidap terbanyak merupakan lelaki penyuka sesama jenis sebanyak 31 orang, disusul wanita pekerja seks sebanyak 24 orang, pelanggan 18 orang, pasangan resiko tinggi 8 orang, ibu hamil 2 orang, waria 1 orang dan lainnya 1 orang.

Sedangkan untuk data untuk kasus HIV pada tahun baru 2021 dari bulan Januari hingga Desember berjumlah 100 orang.

Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tanjungpinang, Novi Herliana mengatakan untuk menekan angka kasus HIV/AIDS di Tanjungpinang.

Dinkes terus berupaya mendatangi sejumlah lokasi yang terbilang penyebaran kasus HIV/AIDS cukup tinggi, dengan melakukan tes screening mobile untuk memeriksa status kesehatan.

"Didampingi untuk ke Faskes untuk berobat. Kita juga kerjasama dengan Lembaga Swadaya masyarakat menangani HIV," kata dia.(San)

Comments