Raflesia Arnoldi Tumbuh di Perkarangan Rumah Warga


GOTVNEWS,TANJUNGPINANG - Sebuah bunga bangkai atau bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh di pekarangan rumah warga yang berada Jalan Merpati,Gang Jalak 5, Kelurahan Batu 9, Tanjungpinang. Warga yang awalnya sempat dihebohkan, lantaran bunga tersebut mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Bunga tersebut muncul secara tidak sengaja dan mengeluarkan bau tidak sedap. Bunga yang populer itu tumbuh di perkarangan rumah warga bernama Tuti.

Awalnya pemilik rumah tidak mengetahui bahwa sumber aroma yang tidak sedap itu keluar dari bunga bangkai tersebut. Namun setelah dirinya mencari tahu sumber bau, ternyata sebuah tumbuhan berukuran besar telah tumbuh di perkarangan rumahnya.

Pemilik rumah bernama Tuti ini mengatakan,dirinya tidak mengetahui jenis bunga tersebut, tetapi setelah citra gambar bunga bangkai beredar di kalangan warga, dan warga banyak berdatangan untuk melihat keberadaan bunga tersebut, membuat dirinya baru mengetahui bunga tersebut termasuk bunga yang langka.

Setelah ramai diketahui,hingga banyak warga setempat hingga warga dari wilayah lainnya, juga ingin datang dan melihat untuk mengabadikannya.

Rafflesia Arnoldii adalah tumbuhan Parasit Obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar,bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Bunga tersebut tumbuh di jaringan tumbuhan merambat atau liana tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Bunga ini hanya berumur sekitar satu minggu dan setelah itu layu dan mati, persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu Minggu, itu pun jika ada lalat yang datang untuk membuahi.(Drl)


Comments