Memaknai Semangat Kartini di Era Pandemi


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Setiap 21 April merupakan momentum bagi seluruh kaum perempuan di tanah air, untuk memperingati hari Kartini, sosok pahlawan Nasional dari kalangan perempuan, yang menjadi inspirasi semangat kesetaraan gender atau emansipasi wanita.

Raden Ajeng Kartini selalu dikenang oleh kaum perempuan, sebagai pendobrak kebebasan serta pembelaan hak-hak kaum perempuan, yang pada zamannya masih terkurung oleh batasan yang ketat.

Namun hari ini, tantangan para kaum Kartini jelas berbeda, terutama di era pandemi yang masih menjadi ancaman bagi seluruh manusia, termasuk kaum perempuan, dari mulai ancaman kesehatan hingga merosotnya ekonomi.

Tidak sedikit dari kaum perempuan yang menjadi korban PHK bahkan menjadi korban terpapar Covid 19 dan melalui momentum hari Kartini di tahun 2021 ini, mari kita maknai hari Kartini sebagai pacuan bagi kaum perempuan untuk terus berperan dalam pembangunan.

Kita akan mengulik beberapa pendapat dari pihak terkait, untuk ikut memaknai hari Kartini di era Pandemi ini. Sebagai Organisasi perangkat daerah yang juga berfokus pada pemberdayaan perempuan, DP3APM Tanjungpinang melalui Kepala Dinas P3APM Tanjungpinang, Rustam, berpendapat bahwa setidaknya ada 3 peran penting perempuan dimasa pandemi, antara lain peranan membantu perekonomian keluarga dari usaha rumahan, yang kedua peran konsolidasi Protkes ditengah keluarga dan ketiga sebagai pendidik anak-anaknya dirumah semasa pandemi, yang selama dibatasi dengan belajar Daring.

"Dari ketiga peran tadi, kita berharap perempuan di Tanjungpinang bisa menjawab tantangan besar Kartini masa kini, yang juga mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan tanah air, terutama ditengah pandemi yang masih ada saat ini" Ujar Rustam.

Rustam meneruskan, kaum perempuan diminta lebih berperan serta aktif dalam menegakkan Protkes dirumahnya, agar seluruh keluarga dapat terlindung dari bahaya Covid 19.

Dari sisi lain, Ketua KPU Kepri berpendapat "Sebagai seorang Wanita, kita harus mampu mewujudkan Semangat Kartini untuk berjuang melawan penyebaran Covid 19, tidak menyerah terus tetapi berusaha menembus batas membuktikan kita mampu menaklukkan ketakutan dalam bentuk wabah covid 19 ini" Tegas Sriwati.

Sriwati menambahkan, Perempuan juga dapat menginspirasi masyarakat sampai saat kini. Untuk itu, jangan berandai kapan pandemi berakhir, tetapi harus bergerak dan bantulah sesama selagi mampu.(Drl)

Comments